Reformasi Administrasi Pada Kantor Bersama Samsat Madiun Kota (Suatu Tinjauan Tentang Efektivitas Dan Efisiensi Pelayanan Publik)

Artika,PrimaDara (2012) Reformasi Administrasi Pada Kantor Bersama Samsat Madiun Kota (Suatu Tinjauan Tentang Efektivitas Dan Efisiensi Pelayanan Publik). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tuntutan masyarakat akan sebuah pelayanan yang lebih efektif dan efisien dalam pengurusan surat-surat kendaraan bermotor belum diiringi dengan reformasi menyeluruh terhadap struktur dan sistem pelayanan dari Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota. Keadaan demikian menjadikan penulis terdorong untuk mencermati fenomena di atas dengan melalui penelitian pada Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota dengan tujuan untuk mengkaji reformasi administrasi pada Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih efektif dan efisien. Dengan demikian tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1) reformasi administrasi pada Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota; 2) mendeskripsikan dan menganalisis efektivitas dan efisiensi pelayanan publik pada Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota; dan 3) mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan reformasi administrasi pelayanan publik pada Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah 1) teknik wawancara yang ditujukan kepada narasumber (informan) yang ditentukan sesuai kebutuhan penelitian, yakni ADPEL KB SAMSAT Madiun Kota, Kaur Reg Ident POLRI, petugas loket anggota DIPENDA, petugas Jasa Raharja, serta wajib pajak. Penulusuran data melalui informasi ini menjadikan interview guiding sebagai instrumen utama dalam memandu setiap pertanyaan yang ditujukan kepada informan. Disamping itu juga digunakan teknik pengamatan, dan dokumentasi dengan tujuan agar terjadi koreksi data diantara masing-masing teknik sehingga data yang dihasilkan menjadi valid. Data-data tersebut kemudian dianalisa secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi administrasi pelayanan yang dilaksanakan oleh Kantor Bersama SAMSAT Madiun Kota berhasil menciptakan pelayanan yang mampu memberikan kepuasan bagi masyarakat pemohon atau pemilik kendaraan bermotor yang ditandai oleh adanya sistem dan prosedur pelayanan yang lebih efektif dan efisien. Walau demikian secara organisatoris hirarki kewenangan cukup panjang mengakibatkan kurang efektif dalam proses pengambilan keputusan terutama pada masalah-masalah yang membutuhkan penyelesaian secara cepat. Faktor-faktor yang mendukung reformasi administrasi pelayanan yang dapat memberi pelayanan yang efektif ini adalah sumber daya manusia yang ada memiliki kecakapan teknis yang baik dalam memahami bidang tugas pelayanan, terjalinnya komunikasi yang terbuka dan lancar baik komunikasi vertikal maupun komunikasi horizontal, dan adanya disposisi (motivasi dan sikap) i ii pegawai yang berorientasi pada tugas. Sedangkan yang menjadi faktor penghambatnya adalah adanya struktur birokrasi yang panjang dalam hal pengambilan keputusan, gaya kepemimpinan yang lebih dominan mengamankan kebijakan organisasi induk dan kurang memberikan kesempatan kepada pegawai untuk berkreasi dan berinovasi, dan kegiatan organisasi belum didukung dengan dokumen penuntun, Rencana Strategis (RENSTRA). Saran dari peneliti adalah dalam usaha untuk lebih mengefektifkan pelayanan, maka perlu dilakukan reformasi struktur, yakni menjadikan Kantor Bersama SAMSAT sebagai satuan kerja perangkat daerah (SKPD), sehingga memiliki otonomi dalam mengelola organisasi dan membuat keputusan serta bertanggungjawab kepada Bupati. Disamping itu sistem dan prosedur pelayanan perlu dilakukan desiminasi kepada publik melalui iklan layanan masyarakat, pelayanan dengan metode E-Gov ( Electronic Government ), serta perlu dilakukan tour of duty bagi pegawai sebagai bagian dari langkah promosi untuk mengurangi tingkat kekurangan berkas persyaratan dalam pengurusan surat-surat kendaraan bermotor. Selain itu layanan unggulan perlu ditingkatkan kembali dalam hal pemberian layanan, agar layanan unggulan dapat dikatakan layanan multi fungsi yang efektif dan efisien, sebab layanan unggulan ini masih digunakan untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan saja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/89/051201120
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Jun 2012 15:05
Last Modified: 19 Oct 2021 02:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115785
[thumbnail of cover_skr.pdf]
Preview
Text
cover_skr.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of KUMPULAN_UTAMA.pdf]
Preview
Text
KUMPULAN_UTAMA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_skr.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_skr.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_FIX.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item