Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Sebagai Upaya Mendukung Pengendalian Intern Yang Memadai (Studi Pada Pt. Kebon Agung Malang)

Kartikasari,Eris (2012) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penggajian Dan Pengupahan Sebagai Upaya Mendukung Pengendalian Intern Yang Memadai (Studi Pada Pt. Kebon Agung Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem akuntansi merupakan alat bantu bagi pihak manajemen perusahaan untuk menentukan langkah maupun kebijakan pengelolaan perusahaan. Sistem akuntansi tersebut salah satunya adalah sistem akuntansi penggajian dan pengupahan. Permasalahan yang sering terjadi dalam pemberian gaji dan upah adalah penyalahgunaan yang dilakukan oleh pihak tertentu sehingga pembayaran gaji dan upah tidak dapat berjalan dengan lancar. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Swasta nasional yang bergerak di industri gula. Secara umum kegiatan PT. Kebon Agung Malang terdapat 2 tahap penyelesaian produk yaitu masa giling dan masa tutup giling. Pada masa giling perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang lebih besar dari pada masa tutup giling. Oleh karena itu jasa karyawan tidak tetap, baik itu karyawan outsourching maupun karyawan tetapkan banyak dibutuhkan pada masa giling sehingga biaya gaji dan upah yang dikeluarkan lebih besar. Keadaan semacam ini membutuhkan perhatian khusus agar dalam melakukan pembayaran gaji dan upah terhindar dari kemungkinan terjadinya kecurangan dan penyelewengan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan pada PT. Kebon Agung Malang dan untuk mengetahui pelaksanaan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan yang didukung oleh pengendalian intern yang memadai. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa kelemahan-kelemahan pada sistem akuntansi penggajian dan pengupahan yang seharusnya perlu diperhatikan oleh perusahaan tersebut. vi Kelemahan-kelemahan tersebut adalah tidak adanya rangkap semua dokumen yang dicetak sehingga pengarsipannya hanya pada satu fungsi yang terkait, adamya perangkapan tugas yang dijalankan oleh Sie Personalia dimana seharusnya yang mengeluarkan BKK (Bukti Kas Keluar) adalah Sie Akuntansi bukan Sie Personalia, tidak adanya pemisahaan dokumen antara perintah lembur dan pelaksanaan lembur, tidak adanya otorisasi dari petugas yang membuat Daftar Gaji. Berdasarkan pada penelitian pada PT. Kebon Agung Malang, agar dalam pelaksanaan sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan dapat meningkatkan pengendalian intern, maka perlu adanya rangkap dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi penggajian dan pengupahan sebagai tembusan sehingga bukan hanya satu bagian yang mengarsipnya, adanya pemisahaan tugas dan wewenang yang jelas sehingga perangkapan fungsi dapat diminimalkan, adanya pemisahaan dokumen antara dokumen Permohonan Lembur dan Pelaksanaan Lembur sehingga tindak kecurangan dapat diminimalkan, dan dokumen yang digunakan dalam sistem akuntansi penggajian dan pengupahan karyawan hendaknya mendapat otorisasi dari bagian yang bertanggungjawab karena hal ini dapat menjaga dari terjadinya penyelewengan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/88/051201118
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Jun 2012 08:24
Last Modified: 19 Oct 2021 02:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115784
[thumbnail of 051201118.pdf]
Preview
Text
051201118.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item