Evaluasi Pengendalian Intern Atas Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (Pkb) Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (Bbnkb) (Studi pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota)

Liliana,Nova (2012) Evaluasi Pengendalian Intern Atas Sistem Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor (Pkb) Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (Bbnkb) (Studi pada Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerapan pengendalian intern penting dalam pemungutan karena dapat digunakan sebagai sarana evaluasi kinerja organisasi dengan meneliti apakah sistem dan prosedur telah sesuai dengan kebijakan manajemen yang telah ditetapkan dan menjamin bahwa setiap penerimaan yang diperoleh telah dicatat dan diorganisasi dengan baik serta disetorkan seluruhnya ke kas daerah. Selain itu, dengan adanya sistem pengendalian intern yang baik diharapkan kualitas pelayanan kepada masyarakat yang diberikan oleh UPTD dan Kantor Bersama SAMSAT terus meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sistem pemungutan PKB dan BBNKB, dan mengetahui pengendalian intern atas sistem pemungutan PKB dan BBNB di Kantor Bersama SAMSAT Malang Kota. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian pada sistem dan prosedur pengendalian intern dalam pemungutan PKB dan BBNKB di SAMSAT Malang serta target dan realisasinya. Lokasi penelitian di Kantor Bersama SAMSAT Malang yang beralamat di Jalan S. Supriyadi 80 Malang dengan situs Sub Bagian Tata Usaha, Seksi Penetapan PKB dan BBNKB, Seksi Penagihan, Seksi Piutang Pajak, Doleansi dan Pelaporan, Kantor Bersama Sistem Administrasi di Bawah Satu Atap (SAMSAT), UPTD Malang. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi dengan instrumen pedoman pengamatan dan catatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian intern dalam sistem pemungutan PKB dan BBNKB sudah cukup baik karena proses pendaftaran dan pendataan dilakukan oleh 3 orang dari unsur yang berbeda namun selama ini masyarakat menganggap sangat rumit karena masyarakat belum mengetahui alur pembayaran PKB dan BBNKB. Sistem pengendalian intern pemungutan pajak dari segi mekanisme standar waktu sudah cukup baik pula sehingga sosialisasi mengenai peningkatan pelayanan harus lebih ditingkatkan lagi sehingga standar untuk mengukur produktivitas dari sistem pelayanan tersebut dan bisa tercapai dengan baik. SAMSAT Malang Kota hendaknya meningkatkan pelayanan terhadap wajib pajak sehingga wajib pajak tidak enggan untuk membayar pajak dan meningkatkan sarana dan prasarana yang berhubungan dengan pelaksanaan pemungutan pajak untuk mewujudkan pengendalian intern yang baik sehingga kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/8/051200246
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 28 May 2012 12:07
Last Modified: 19 Oct 2021 02:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115775
[thumbnail of 051200246.pdf]
Preview
Text
051200246.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item