Analisis Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Berbasis Concura Release 3.0 (Studi Kasus pada Unit Personalia PT. INKA Madiun)

Sanjaya, DonnyIndra (2012) Analisis Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Berbasis Concura Release 3.0 (Studi Kasus pada Unit Personalia PT. INKA Madiun). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis Pengelolaan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Berbasis Concura Release 3.0 yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 71 Madiun. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di dalam sistem informasi sumber daya manusia perusahaan, walaupun telah berbasis komputer, namun masih menggunakan sistem manual. Sistem informasi berbasis Concura Release 3.0 yang telah digunakan selama ini dirasa kurang efektif, terutama dalam hal efisiensi biaya, waktu dan tenaga. Untuk itu peneliti bertujuan mengetahui bagaimana sistem informasi sumber daya manusia berbasis Concura Release 3.0 yang telah diterapkan selama ini, dan kemudian berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan yang terjadi melalui beberapa rekomendasi alternatif solusi yang bisa digunakan nantinya oleh perusahaan, sehingga bisa lebih meningkatkan kinerja sistem informasi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang umumnya tidak memiliki metodologi penelitian yang ketat, tetapi lebih bergantung pada hasil eksplorasi penyelesaian masalah, dalam hal ini terkait bagaimana pengelolaan sistem informasi sumber daya manusia berbasis Concura Release 3.0. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa masalah yang terjadi ada pada sistem yang selama ini diterapkan diantaranya terjadi missing data dan sering terjadi error atau not responding saat akses, dan pada user itu sendiri, untuk itu peneliti kemudian memberikan usulan solusi masalah pemberian pelatihan dan pengenalan sistem pada karyawan dan memaksimalkan kinerja sistem. Dengan sistem yang baik akan dapat meningkatkan keakuratan dan kemuthakiran informasi yang dihasilkan. Selain itu, pengenalan dan pemberian pelatihan sistem kepada karyawan akan dapat menggeser sistem manual yang selama ini diterapkan oleh perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/609/051204753
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Dec 2012 08:44
Last Modified: 18 Oct 2021 18:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115738
[thumbnail of SKRIPSI_PDF_DONNY_INDRA_SANJAYA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_PDF_DONNY_INDRA_SANJAYA.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item