Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata (Studi Terhadap Implementasi Perda No. 8 Tahun 2011 Kab. Gresik tentang RTRW 2010-2030 di Pulau Bawean)

Muftiro, Titin (2012) Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata (Studi Terhadap Implementasi Perda No. 8 Tahun 2011 Kab. Gresik tentang RTRW 2010-2030 di Pulau Bawean). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pariwisata merupakan salah satu aset penting suatu negara dan pariwisata merupakan industri yang tidak akan pernah ada matinya. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang menyimpan potensi pariwisata yang sangat besar, mulai dari potensi alam sampai budayanya. Salah satunya adalah Pulau Bawean, Pulau Bawean terlihat tidak mengalami kemajuan yang berarti. Nilai score dan peringkatnya terlihat masih sangat jauh dibandingkan dengan kecamatan lain di Kabupaten Gresik sehingga perlu dicari jalan keluar dalam pengembangan kedua kecamatan tersebut (Dokumen Pemutakhiran RTRW 2010-2030 Kabupaten Gresik). Berdasarkan potensi yang dimiliki Pulau Bawean, serta untuk meningkatkan pendapatan daerahnya, maka jalan keluar yang diambil oleh Pemerintah daerah adalah kebijakan pengembangan pariwisata. Dibalik potensi alam dan budayanya, pengembangan pariwisata di Pulau Bawean juga menyimpan berbagai kendala, seperti kesiapan masyarakat, status kawasan yang masih menjadi cagar alam dan kepunyaan pribadi seperti Penangkaran Rusa, serta pantainya yang mulai rusak. Dengan melakukan penelitian deskriptif yang memakai pendekatan kualitatif terhadap Implementasi Perda No. 8 Tahun 2011tentang RTRW, maka ditemukan fakta-fakta terkait pembangunan apa saja yang telah dilakukan untuk mendukung pengembangan pariwisata di Pulau Bawean, kawasan mana saja yang akan dikembangkan terlebih dulu, serta bagaimana solusi yang diambil tekait status kawasan seperti cagar alam pada Danau Kastoba serta kepemilikan pribadi penangkaran rusa. Dengan mengadakan analisa terhadap data yang dikumpulkan setelah penetapan Perda No. 8 Tahun 2011, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Implementasi Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Pulau Bawean, prosesnya masih panjang, penilaian baru bisa dilakukan sekedar langkah-langkah apa yang telah dilakukan dan akan dilakukan guna berkembangnya pariwisata di Pulau Bawean. Untuk saat ini, telah dilakukan pembangunan lapangan terbang serta pembenahan jalan lingkar Bawean guna memperlancar aksesibilitas ke dan di Pulau Bawean. Terkait objek daya tarik wisata(ODTW), pemerintah melalui dinas terkait juga telah memetakan ODTW yang ada di Pulau Bawean, yang tertuang dalam laporan Kajian Pengembangan Potensi Pariwisata Kabupaten Gresik Tahun 2011. Kebijakan dan strategi tersebut memang membawa kabar positif dalam pengembangan Pulau Bawean, utamanya dalam hal pariwisata. Ada pun saran penulis terkait pengembangan pariwisata salah satunya adalah pendirian SMK maupun Diploma Pariwisata dan Perhotelan di Pulau Bawean, guna meningkatkan kualitas sumberdaya manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/606/051204751
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Dec 2012 13:44
Last Modified: 18 Oct 2021 17:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115735
[thumbnail of TITIN_MUFTIRO.pdf]
Preview
Text
TITIN_MUFTIRO.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item