Khairi, Alfian (2018) Perancangan Battery Management System pada Battery Pack Mobil Listrik Litium-Ion 18650 Tersusun 20 Seri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Mobil listrik merupakan mobil ramah lingkungan yang menggunakan energi listrik dari baterai sebagai sumber energi, dan menggunakan motor listrik sebagai penggerak sehingga tidak ada gas buang. Dalam mobil listrik baterai yang digunakan tidak hanya satu, baterai dapat disusun seri ataupun parallel untuk mendapat tegangan dan kapasitas yang diinginkan, susunan baterai ini dikenal dengan istilah baterai pak. Jenis baterai yang digunakan pada mobil listrik biasanya jenis litium-ion 18650 karena memiliki kerapatan energi yang tinggi. Namun jenis baterai ini tidak boleh digunakan pada kondisi diluar batasnya karna akan mengurangi siklus hidupnya dan lebih cepat untuk diganti sehingga berdampak pada sektor biaya perawatan mobil listrik. Oleh karena itu diperlukan sebuah alat untuk mengatur penggunaan baterai baik saat proses pengisian atau pengosongan yang dikenal dengan nama Battery Management Sistem (BMS). BMS merupakan sistem elektronik yang berfungsi untuk mengatur, memonitoring, dan menjaga baterai dari kondisi kondisi yang dapat merusak baterai. Berdasarkan permasalahan tersebut, sebuah BMS dirancang untuk baterai pak mobil listrik litium-ion 18650 tersusun seri. BMS yang dirancang ini dapat melakukan proses balancing terhadap 20 sel dengan metode cell to cell active balancing, pembacaan tegangan menggunakan metode voltage divider, pembacaan arus menggunakan sensor ACS712-30A, pembacaan suhu menggunakan sensor LM35, dan sistem proteksi yang digunakan adalah relay dan fuse. Hasil penelitian menunjukkan BMS dapat memonitoring tegangan individu sel dengan rata-rata selisih 0,054 V, memonitoring arus pengisian dan pengosongan baterai denga rata-rata selisih 0,04 A, memonitoring suhu dengan rata-rata selisih 1,21oC. Dan juga sistem proteksi baterai pak pada BMS bekerja sebagaimana mestinya saat kondisi undervoltage, overvoltage, overheat, dan overcurrent. Selain itu BMS juga dapat melakukan balancing antara baterai bertegangan tinggi dan baterai bertegangan rendah, dalam waktu 6 jam selisih tegangan berkurang menjadi 0,084V dengan arus balancing sebesar 22,5 mA rms.
English Abstract
Electric car is an environmentally friendly car that uses electrical energy from a battery as a source of energy, and uses an electric motor as a propulsion so there is no exhaust gas. In an electric car the battery used is not just one, the battery can be arranged in series or parallel to get the desired voltage and capacity, the arrangement battery is known as battery pack. The type of battery used in electric cars is typically lithium-ion type 18650 because it has a high energy density. However, this type of battery should not be used in conditions beyond its limits because it will reduce its life cycle and faster to be replaced so that the impact on the sector of maintenance costs of electric cars. Therefore we need a tool to manage battery usage during the charging or discharging process known as Battery Management System (BMS). BMS is an electronic system that function to regulate, monitor, and maintain the battery from conditions that can damage the battery. Based on these problems, a BMS is designed for a lithium-ion 18650 series electric car battery pack. This designed BMS can process balancing against 20 cells with cell to cell active balancing method, voltage reading using voltage divider method, current reading using ACS712-30A sensor, temperature reading using LM35 sensor, and protection system used is relay and fuse. The results show that BMS can monitor individual cell voltages with an average error of 0.054 V, monitor the batteries current on charging and discharge state with an average error of 0.04 A, monitoring the temperature with an average error of 1.21oC. And also the battery pack protection system on BMS works as it should when undervoltage, overvoltage, overheat, and overcurrent conditions. In addition BMS can also perform balancing between high-voltage battery and low-voltage battery, within 6 hours the voltage difference is reduced to 0.084V with balancing current of 22.5 mA rms.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2018/313/051804183 |
Uncontrolled Keywords: | Active Balancing, baterai manajmen sistem, baterai litium-ion |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 26 Jun 2018 02:42 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11573 |
Preview |
Text
BAB V.pdf Download (106kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (212kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB II.pdf Download (536kB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Preview |
Text
BAGIAN DEPAN.pdf Download (762kB) | Preview |
Preview |
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB IV.pdf Download (799kB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |