Pengaruh Faktor- Faktor Efektivitas Iklan Televisi Provider Telepon Seluler Global System For Mobile Comunications (GSM) Terhadap Perilaku Perpindahan Merek (Studi Empiris pada Pengunjung Axis Shop Ko

FransiskaAndi (2012) Pengaruh Faktor- Faktor Efektivitas Iklan Televisi Provider Telepon Seluler Global System For Mobile Comunications (GSM) Terhadap Perilaku Perpindahan Merek (Studi Empiris pada Pengunjung Axis Shop Ko. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Periklanan (advertising) adalah komunikasi komersil dan nonpersonal tentang sebuah organisasi dan produk-produknya yang ditransmisikan ke suatu khalayak target melalui media yang bersifat massal.. Dari sekian banyak media yang ada, media televisi merupakan media yang paling diminati. Keberagaman iklan baru-baru ini menjadi salah satu faktor penyebab konsumen melakukan keputusan perpindahan merek, karena terpengaruh iklan yang mereka lihat di televisi. Hal ini sesuai dengan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis faktor-faktor yang menentukan efektifitas iklan, menganalisis faktor-faktor dalam iklan tersebut terhadap perilaku perpindahan merek, dan untuk menganalisis faktor yang dominan dalam mempengaruhi perilaku perpindahan merek. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 138 orang responden pengguna kartu seluler Axis dengan instrumen penelitian kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor, analisis linier berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor pembentuk Efektifitas Iklan adalah Faktor Sumber Pesan (X1), Faktor Format Pesan (X2), Faktor Struktur Pesan (X3), Faktor Isi Pesan (X4). Kemudian hasil analisis regresi berganda menunjukan bahwa variabel-variabel pembentuk Efektivitas Iklan yang terdiri dari Variabel Sumber Pesan (X1), Variabel Format Pesan (X2), Variabel Struktur Pesan (X3), Variabel Isi Pesan (X4) berpengaruh terhadap Variabel Perilaku Perpindahan Merek. Hal ini ditunjukan dengan nilai 18,700 dengan probailitas Fhitung sebesar 0,000 (p<0,05). Pada penelitian ini dapat diketahui juga bahwa secara sendiri-sendiri (parsial) keempat variabel yang meliputi Variabel Sumber Pesan (X1), Variabel Format Pesan (X2), Variabel Struktur Pesan (X3), Variabel Isi Pesan (X4) memiliki pengaruh yang positif terhadap Variabel Perilaku Perpindahan Merek (Y1). Variabel yang dominan pada variabel pembentuk Efektifitas Iklan yaitu Variabel Format Pesan dengan nilai koefisien Regresi (B) tertinggi yaitu sebesar 2,550. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, adanya faktor-faktor pembentuk Efektivitas Iklan yang mempengaruhi Perilaku Perpindahan Merek. Dengan Variabel Format Pesan iklan yang menjadi variabel yang dominan yang mempengaruhi konsumen dalam keputusan perpindahan merek.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/593/051204738
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Dec 2012 10:32
Last Modified: 18 Oct 2021 17:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115722
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item