Peran Pemerintah Kabupaten Malang Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Daerah Melalui Sektor Pariwisata (Studi Pada Pd. Jasa Yasa Bagian Upt Pantai Balekambang)

Octastefani,Theresia (2012) Peran Pemerintah Kabupaten Malang Dalam Meningkatkan Pembangunan Ekonomi Daerah Melalui Sektor Pariwisata (Studi Pada Pd. Jasa Yasa Bagian Upt Pantai Balekambang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berawal dari latar belakang tentang peran Pemerintah Kabupaten Malang dalam meningkatkan pembangunan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata. Pembangunan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata merupakan salah satu program pembangunan yang menjadi andalan Pemerintah Kabupaten Malang saat ini. Dalam RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2010-2015, obyek wisata Pantai Balekambang dijadikan sebagai ikon wisata Kabupaten Malang karena memiliki keanekaragaman potensi. Obyek wisata Pantai Balekambang diharapkan mampu menjadi lokomotif bagi pembangunan ekonomi daerah karena mampu menarik sektor-sektor lain untuk berupaya mengoptimalkan kemajuan sektornya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk: (1) mendeksripsikan dan menganalisis kondisi potensi obyek wisata Pantai Balekambang, (2) mendeskripsikan dan menganalisis peran Pemerintah Kabupaten Malang dalam meningkatkan pembangunan ekonomi daerah melalui sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Malang khususnya pada obyek wisata Pantai Balekambang, (3) mengetahui dan menganalisis kontribusi obyek wisata Pantai Balekambang dalam pembangunan ekonomi daerah, serta (4) mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat pembangunan ekonomi daerah melalui obyek wisata Pantai Balekambang. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta situs penelitian yang dilakukan pada Perusahaan Daerah (PD) Jasa Yasa bagian UPT Pantai Balekambang yang merupakan salah satu perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Malang yang memiliki peran dan tugas untuk mengelola Pantai Balekambang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk meningkatkan pembangunan konomi daerah melalui obyek wisata Pantai Balekambang, Pemerintah Kabupaten Malang telah berupaya untuk dapat menjalankan peranannya sebagai entrepreneur , koordinator, fasilitator dan stimulator. Dimana dari keempat peranyang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Malang tersebut memiliki tujuanyang sama yaitu untuk meningkatkan pembangunan ekonomi daerah.Keanekaragaman potensi yang dimiliki oleh Pantai Balekambang juga harusdidukung dengan tersedianya sarana transportasi, keadaan infrastruktur terutamakondisi jalan, meningkatkan berbagai fasilitas, menjalin koordinasi antara aparatur

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/59/051200783
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jun 2012 14:30
Last Modified: 18 Oct 2021 17:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115719
[thumbnail of 051200783.pdf]
Preview
Text
051200783.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item