Analisis Pemanfaatan E-commerce pada PT PT TÜV Rheinland Indonesia (Studi Kasus pada PT TÜV Rheinland Indonesia Surabaya Branch Office)

Rahmawati, Triana (2012) Analisis Pemanfaatan E-commerce pada PT PT TÜV Rheinland Indonesia (Studi Kasus pada PT TÜV Rheinland Indonesia Surabaya Branch Office). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT TÜV Rheinland Indonesia merupakan anggota dari TÜV Rheinland Group yang memiliki tiga head office di dunia Jerman, Jepang, dan Jakarta. PT TÜV Rheinland Indonesia memiliki tujuh kantor antara lain Jakarta, Medan, Batam, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali. PT TÜV Rheinland Indonesia merupakan perusahaan yang melakukan pengujian teknis dan penilaian terhadap perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi pada bidang layanan industri, produk, kesehatan, pendidikan dan konsultasi, serta sistem. PT TÜV Rheinland Indonesia memanfaatkan e-commerce untuk mendukung dan membantu kegiatan proses bisnis perusahaan. Terdapat beberapa infrastruktur yang mendukung pemanfaatan e-commerce, jenis aplikasi yang digunakan, proses pemanfaatan e-commerce yang terjadi di perusahaan, dan dampak dari pemanfaatan e-commerce sendiri. Pemanfaatan e-commerce diharapkan dapat membantu kelancaran dan efisiensi kerja khususnya dalam hal proses bisnis. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, berbasis pada konsep going exploring yang melibatkan in‐ depth and case‐ oriented study atas sejumlah kasus maupun kasus tunggal. Tujuan utama penelitian kualitatif adalah membuat fakta menjadi understandable , dalam hal ini mengenai bagaiman pemanfaatan ecommerce yang diiplementasikan di PT TÜV Rheinland Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah interview, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Data tersebut kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu data reduction, understanding , interpretasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa e-commerce merupakan solusi yang tepat bagi permasalahan yang muncul di dalam upaya peningkatan daya saing baik untuk produk/jasa maupun perusahaan, yang umumnya berkisar pada faktor-faktor yang berkaitan dengan proses dan mekanisme perdagangan. Pemanfaatan e-commerce pada PT TÜV Rheinland Indonesia Surabaya Branch Office mampu memberikan peningkatkan efektifitas dan efisiensi dalam proses bisnis perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/586/051204418
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 01 Nov 2012 14:28
Last Modified: 18 Oct 2021 17:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115715
[thumbnail of 051204418.pdf]
Preview
Text
051204418.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item