Efektivitas Pelayanan Dalam Proses Pengujian Kendaraan Bermotor (Studi Pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan )

Prasetio,, YunitaEndah (2012) Efektivitas Pelayanan Dalam Proses Pengujian Kendaraan Bermotor (Studi Pada UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jalanya pembangunan sangat dipengaruhi oleh faktor aksesbilitas dalam hal ini terkait dengan transportasi. Transportasi memegang peranan penting guna memobilisasi masyarakat sehingga keberadaanyapun harus diperhatikan. Terutama transportasi umum dimana sebagain besar masyarakat sangat tergantung dengan keberadaanya. Guna menunjang dan melindungi kepentingan masyarakat akan transportasi diperlukan satu bentuk pengujian kendaraan guna menjaga kualitas layaanan angkutan umum tersebut dan hal ini dilakukan oleh UPTD Pengujian Kendaraan bermotor Dinas perhubungan Kabupaten Pasuruan. Masalah dalam penelitian ini adalah efektifitas pengujian kendaraan bermotor di Kabupaten Pasuruan, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pengujian kendaraan bermotor di Kabupaten Pasuruan. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknis analisis data menggunakan metode analisis data model Interaktif. Sedangkan untuk metode pengumpulan data adalah menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa Prosedur pelayanan pengujian kendaraan bermotor di Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan sudah berjalan baik. Hal ini sudah sesuai dengan apa yang telah ditentukan oleh pusat (sesuai SOP). Berbicara mengenei kelengkapan secara administratif sudah sangat baik karena seluruh proses uji juga harus ditentukan sesuai ketetapan yang ada. Selain itu Jalanya pengujian kendaraan bermotor sangat tergantung dengan kemampuan para petugas uji, waktu penyelesaian petugas dalam hal ketepatan pekerjaan sudah dilakukan dengan cepat dan sesuai standar namun dalam pelaksanaanany terdapat banyak kendala dan hambatan sehingga tidak dapat berjalan sebagai mana optimal. Efektifitas pengujian dari UPT Dinas Perhubungan di ukur dari kuantitas waktu pengujian kualitas pengujian. Selain itu juga kesesuaian biaya pelayanan dengan peraturan yang telah ditentukan oleh pemerintah daerah, serta terpenuhinya standarisasi kendaraan umum. Untuk itu, saran yang dapat diberikan antara lain; Perlu ditambahkanya Petugas uji dalam melakukan pengujian mengingat kualitas pengujian sangat diperlukan. Selain itu harus ada sistem komputerisasi mengingat seluruh sistem yang ada di UPT Dinas Perhubungan Masih di jalankan dengan proses manual sehingga kinerja pelayanan lebih optimal. Perlu adanya proses sosialisasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten pasuruan kepada masyarakat yang pada umumnya belum paham tentang peran penting pengujian kendaraan bermotor, untuk menjaga keselamatan pengguna jalan, kebersihan lingkungan dan mencegah kemacetan lalu lintas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/583/051204415
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2012 09:04
Last Modified: 18 Oct 2021 17:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115713
[thumbnail of 051204415.pdf]
Preview
Text
051204415.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item