Evaluasi Sistem Akuntansi Pembiayaan Atas Dasar Akah Musyarakah Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang),

Mubarok, RirinFithriani (2012) Evaluasi Sistem Akuntansi Pembiayaan Atas Dasar Akah Musyarakah Dalam Upaya Mendukung Pengendalian Intern (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan dunia usaha yang semakin pesat menjadikan perbankan sebagai lembaga keuangan yang memiliki peranan penting dalam perekonomian suatu negara. PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang adalah salah satu bank yang menjalankan kegiatannya dengan menggunakan sistem syariah dalam pembiayaan musyarakah . Penyaluran pembiayaan musyarakah yang semakin meningkat mengharuskan adanya sistem akuntansi yang baik untuk mendukung pengendalian intern. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya pembiayaan bermasalah dan kecurangan yang mengakibatkan kerugian bagi PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem akutansi pembiayaan musyarakah yang diterapkan di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang dan mengevaluasi pelaksanaan sistem akuntansi pembiayaan atas dasar akad musyarakah yang diterapkan di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang sudah atau belum mendukung pengendalian intern. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian adalah sistem akuntansi pembiayaan atas dasar akad Musyarakah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang dan unsur pengendalian intern dalam tahap pelaksanaan sistem akuntansi pembiayaan musyarakah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan sistem akutansi pembiayaan atas dasar akad musyarakah PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang telah mencerminkan adanya pengendalian intern yang baik namun masih terdapat beberapa hal yang belum sesuai diantaranya Account Officer yang memiliki peranan dominan dalam pembiayaan yaitu melakukan investigasi, menganalisis, taksasi jaminan dan menginput data nasabah ke dalam BI checking, dan adanya formulir pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang yang belum dibuat rangkap dan belum menggunakan nomor urut cetak dalam penggunaannya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat beberapa faktor yang menyebabkan pengendalian intern pada Sistem Pembiayaan Musyarakah pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Malang kurang baik. Agar pengendalian intern dapat terlaksana dengan baik maka perlu adanya pembagian tugas antara yang melakukan investigasi, menganalisis pembiayaan, taksasi jaminan dan melakukan BI checking, dan formulir yang digunakan dibuat rangkap dan bernomor urut cetak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/579/051204411
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Oct 2012 09:38
Last Modified: 18 Oct 2021 17:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115708
[thumbnail of 051204411.pdf]
Preview
Text
051204411.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item