Analisis Contribution Margin Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Produk Dalam Rangka Mengoptimalkan Laba (Studi pada Perusahaan Timbangan X Kota Malang periode 2011-2013)

Silvana, Fridayanti (2014) Analisis Contribution Margin Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Produk Dalam Rangka Mengoptimalkan Laba (Studi pada Perusahaan Timbangan X Kota Malang periode 2011-2013). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kondisi perekonomian nasional yang tidak stabil membuat perusahaan memerlukan suatu rencana yang matang untuk menentukan arah dan tujuan di masa yang akan datang. Analisis contribution margin ini digunakan untuk menghitung besarnya marjin kontribusi total dan marjin kontribusi masing-masing produk, sehingga dengan analisis ini manajemen dapat mengetahui produk mana yang memberikan marjin kontribusi yang paling tinggi mana yang memberikan margin kontribusi paling rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan penerapan analisis contribution margin dalam menentukan tingkat penjualan yang optimal untuk mencapai laba yang diinginkan dan untuk mengetahui besarnya marjin kontribusi total dan marjin kontribusi masing-masing produk dari tingkat penjualan Perusahaan Timbangan X Kota Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan Perusahaan Timbangan X Kota Malang, Sumber data yang digunakan adalah berupa data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Analisis biaya, menyusun proyeksi penjualan tahun 2014, proyeksi rugi laba 2014. Hasil analisis menunjukan bahwa Marjin kontribusi total yang diperoleh perusahaan adalah sebesar Rp. 439.600.000 sedangkan marjin kontribusi untuk masing-masing produk yaitu produk Special(SP) sebesar Rp.180.600.000 dan produk National sebesar Rp.259.000.000 sehingga dari kedua produk tersebut diketahui bahwa produk menghasilkan contribution margin tertinggi sebagai penyumbang laba terbesar bagi perusahaan adalah produk National yaitu dengan perolehan contribution margin ratio sebesar 76,44% Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, Perusahaan hendaknya melakukan analisis contribution margin dalam menentukan tingkat penjualan produk dalam rangka mengoptimalkan laba. Hal ini dikarenakan dengan analisis contribution margin, perusahaan dapat mengetahui jenis produk mana yang paling menguntungkan dari tingkat penjualannya, sehingga perusahaan dapat memperoleh laba seoptimal mungkin. Dalam kaitannya dengan perencanaan laba dan penentuan tingkat penjualan produk, perusahaan hendaknya memperhatikan komposisi bauran penjualan (sales mix) masing-masing produk dengan jumlah permintaan konsumen. Karena dengan bauran penjualan yang tepat perusahaan dapat memperoleh laba yang optimal.

English Abstract

National economic conditions are unstable making company requires a thorough plan to determine the direction and purpose in the future. Contribution margin analysis is used to calculate the total contribution margin and contribution margin of each product, so that the management of this analysis can determine which products provide the highest contribution margin which gives the lowest contribution margin. This study aims to analyze and explain the application of contribution margin analysis in determining the optimal level of sales to achieve the desired profit and to determine the total contribution margin and contribution margin of each product of the level of sales Scales Company X Malang. Type of research is descriptive research with quantitative approach carried Scales Company X Malang, source data used is in the form of primary data and secondary data with interview data collection techniques and documentation. Cost analysis, prepare projections of sales in 2014, 2014 profit and loss projections. The results of the analysis showed that the total contribution margin from the company is Rp. 439.6 million while the contribution margin for each product ie Special Products (SP) of the National Rp.180.600.000 and products for Rp.259.000.000 that of the two products is known that the highest contribution margin the product generates the largest profit contributor for the company is that with the acquisition of National product contribution margin ratio of 76.44% Based on the analysis performed, the Company shall make contribution margin analysis to determine the level of sales of the product in order to optimize profits. This is because the contribution margin analysis, companies can determine the type of products are the most profitable of the level of sales, so the company can make a profit optimally. In relation to the determination of the rate of profit planning and product sales, the company should pay attention to the composition of the mix of sales (sales mix) of each product by the number of consumer demand. Because with the right mix of sales of the company can obtain the optimal profit

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/570/05140739
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Nov 2014 10:51
Last Modified: 10 Nov 2021 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115701
[thumbnail of skripsi.pdf]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item