Pengaruh Budaya Perusahaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. (studi kasus pada karyawan PT. Global Agrotek Nusantara Malang)

Kurniawan, AhmadAwaludin (2012) Pengaruh Budaya Perusahaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. (studi kasus pada karyawan PT. Global Agrotek Nusantara Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Budaya Perusahaan dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan PT Global Agrotek Nusantara Malang)”, dilatarbelakangi oleh keinginan PT Global Agrotek Nusantara mencari faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kualitas produksi dalam suatu perusahaan. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh budaya perusahaan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplanatory serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas budaya perusahaan dan lingkungan kerja dengan kinerja karyawan sebagai variabel terikat. Populasi pada penelitian ini berjumlah 69 karyawan tetap PT. Global Agrotek Nusantara. Dengan menggunakan rumus Slovin maka dapat ditetapkan jumlah sampel sebesar 41 karyawan. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk mengetahui unsur-unsur variabel budaya perusahaan dan lingkungan kerja dan kinerja karyawan di PT. Global Agrotek Nusantara dengan cara tabulasi skor hasil penelitian untuk mengetahui rata-rata skor variabel sehingga dapat diketahui seberapa jauh penerapan budaya perusahaan dan lingkungan kerja dan seberapa tinggi kinerja yang dicapai karyawan pada tingkat signifikansi < 0,05 dan data diolah menggunakan komputer program SPSS 19 for windows. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan analisis regresi berganda yang menunjukkan nilai signifikansi F yaitu 0,003 < 0,05 (alpha) dan nilai R Square yaitu sebesar 0,557. Hal ini menunjukkan bahwa kontribusi variabel Budaya Perusahaan (X1) dan Lingkungan Kerja (X2) adalah sebesar 55,7% dan sisanya sebesar 44,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil analisis dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh signifikan secara simultan antara budaya perusahaan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan dapat diterima. Terdapat pengaruh signifikan secara parsial antara variabel budaya perusahaan dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa budaya perusahaan (X1) dan lingkungan kerja (X2) jika secara bersama-sama (simultan) ditingkatkan implementasinya maka akan meningkat pula kinerja karyawan (Y). Demikian pula sebaliknya, apabila penerapan budaya perusahaan (X1) dan lingkungan kerja (X2) diturunkan maka akan menurunkan pula kinerja karyawan (Y).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/569/051204401
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Dec 2012 13:53
Last Modified: 18 Oct 2021 17:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115698
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item