Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Online Shop (Studi Kasus Pada Pelanggan Online Shop Sakura Blossom)

Mandasari, FitriyahAyu (2012) Pengaruh Kualitas Sistem Terhadap Kepuasan Pengguna Online Shop (Studi Kasus Pada Pelanggan Online Shop Sakura Blossom). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya fenomena gaya hidup modern dimana saat ini masyarakat telah terbiasa melakukan Online Shopping (belanja online). Dewasa ini banyak perusahaan retail yang saat ini beralih dari pemasaran tradisional menjadi internet marketing, dengan memanfaatkan sistem online. Mereka mendirikan suatu online shop melalui sebuah website sebagai media yang menghubungkan penjual dan pembeli secara praktis. Sakura Blossom Shop sebagai lokasi penelitian pada penelitian ini telah menyediakan pelayanan dengan sistem online melalui website resmi nya, dengan harapan adanya sistem ini akan memberikan kenyamanan, kemudahan serta kecepatan pelayanan bagi pelanggan mereka dalam melakukan pemesanan dan pembelian produk. Kesuksesan suatu sistem informasi ditandai oleh kepuasan pengguna (user satisfaction) yang mana dalam penelitian ini pelanggan online shop Sakura Blossom berperan sebagai user atau pengguna sistem. Kepuasan pengguna sangat penting bagi perusahaan karena dapat menimbulkan pembelian ulang jika pelanggan puas terhadap layanan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh variabel-variabel Kualitas sistem online shop yang terdiri dari navigasi (X1), kemudahan penggunaan (X2), waktu tanggapan (X3), keamanan (X4), terhadap variabel kepuasan pengguna online shop Sakura Blossom (Y). Sehingga metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksplanatory, dengan sampel sebanyak 66 orang responden yaitu pelanggan online shop Sakura Blossom yang pernah melakukan pembelian atau pemesanan melalui sistem online Sakura Blossom. Metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan SPSS 16 for windows sebagai software pendukung. Data yang diperoleh diukur dengan menggunakan metode regresi linier berganda sehingga dapat diinterpretasikan dan disimpulkan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dan parsial variabel bebas yaitu kualitas sistem yang terdiri dari navigasi, kemudahan penggunaan, waktu tanggapan, dan keamanan, berpengaruh positif terhadap variabel kepuasan pengguna online shop Sakura. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna online shop Sakura Blossom (Y) adalah variabel waktu tanggapan / responses time (X3). Dengan demikian online shop Sakura Blossom hendaknya lebih memperhatikan dan meningkatkan kemudahan, navigasi, dan keamanan dalam usaha meningkatkan kepuasan pelanggan online shop Sakura Blossom.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/554/051203643
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Nov 2012 15:30
Last Modified: 18 Oct 2021 16:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115682
[thumbnail of FITRIYAH_AYU_MANDASARI.pdf]
Preview
Text
FITRIYAH_AYU_MANDASARI.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item