Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pembeli handphone merek BlackBerry di TIGA PUTRA Handphone Center Malang)

Apriyanto, Jhodi (2012) Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Pembeli handphone merek BlackBerry di TIGA PUTRA Handphone Center Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Handphone merek BlackBerry berhasil menjawab tantangan para pesaingnya dan mengambil hati konsumen handphone di dunia khususnya di Indonesia dibandingkan dengan merek-merek handphone yang sudah ada sebelumnya karena adanya diferensiasi produk yang dilakukan oleh Research In Motion (RIM). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan menjelaskan pengaruh secara bersama-sama dan parsial variabel Bentuk (form) handphone merek BlackBerry, Keistimewaan (feature) handphone merek BlackBerry, Kualitas Kinerja (performance quality) handphone merek BlackBerry, Daya Tahan (Durability) handphone merek BlackBerry terhadap Keputusan Pembelian handphone merek BlackBerry. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian explanatory. Penelitian ini mengguanakan 69 responden sebagai sampel yang diambil secara acak pada Toko TIGA PUTRA Handphone Center Malang. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik yaitu Regresi Linier. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa variabel Bentuk (form), Keistimewaan (feature), Kualitas Kinerja (performance quality), Daya Tahan (Durability) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dan secara parsial keempat variabel juga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Kualitas Kinerja (performance quality) handphone merek BlackBerry merupakan variabel dominan yang mempengaruhi Keputusan Pembelian handphone merek BlackBerry. Hal ini mengindikasikan bahwa konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli handphone merek BlackBerry memperhatikan Kualitas Kinerja (performance quality). Dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,751 menunjukkan bahwa keputusan pembelian handphone merek BlackBerry pada Toko TIGA PUTRA Handphone Center Malang dipengaruhi oleh variabel-variabel Diferensiasi Produk, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar keempat variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/518/051203607
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Dec 2012 08:51
Last Modified: 18 Oct 2021 14:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115645
[thumbnail of Jhodi_Aprianto.pdf]
Preview
Text
Jhodi_Aprianto.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item