Efektivitas Saluran Distribusi Sebagai Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang)

HariyonoVindyAndriyanto (2012) Efektivitas Saluran Distribusi Sebagai Upaya Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Perusahaan Indah Cemerlang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan Indah Cemerlang Malang merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri pembuatan atau produksi paving stone dan batako menghadapi tantangan dalam kegiatan pemasaran produk-produknya. Selera konsumen yang makin berkembang dan banyaknya produk sejenis menuntut perusahaan untuk selalu bersifat tanggap. Menghadapi situasi ini perusahaan melakukan efektifitas saluran distribusi untuk meningkatkan keadaan penjualannya dan untuk tetap bertahan hidup. Permasalahannya adalah bagaimana pelaksanaan efektifitas saluran distribusi pada Perusahaan Indah Cemerlang dan bagaimana pengaruhnya terhadap penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan efektivitas saluran distribusi Perusahaan Indah Cemerlang dalam upaya meningkatkan penjualan dan pengaruhnya terhadap penjualan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah analisis Growth Mean, Least Square, dan Regresi Linier Berganda. Hasil perhitungan dengan analisis Growth Mean (GM) diketahui rata-rata pertumbuhan omzet penjualan produk, volume penjualan produk, aktivitas saluran distribusi, dan biaya saluran distribusi mengalami peningkatan. Rata-rata pertumbuhan volume penjualan produk straight sebesar 1,32%, sarang lebah sebesar 1,056%, unipave sebesar 5,18%, hexagone sebesar 1,25%, Rata-rata pertumbuhan omzet penjualan untuk produk straight sebesar 0,62%, sarang lebah sebesar 0,98%, unipave sebesar 1,83%, dan hexagone sebesar 0,52%. Dari analisis dengan metode Least Square semua produk diproyeksikan mengalami peningkatan penjualan pada setiap triwulan pada tahun 2012, kecuali pada triwulan kesatu tahun 2012 yang diproyeksikan sedikit mengalami penurunan. Dari analisis dengan metode Regresi Linier Berganda diperoleh koefisien regresi aktivitas saluran distribusi sebesar 0,094 terhadap omzet dan 2,559 terhadap volume, koefisien regresi biaya saluran distribusi sebesar 1,235 terhadap omzet dan 28,621 terhadap volume. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa efektivitas saluran distribusi pada Perusahaan Indah Cemerlang masih kurang efektif dan diperlukan efektivitas saluran distribusi yang lebih untuk mencapai target penjualan. Oleh karena itu, peneliti menyarankan agar perusahaan melakukan penambahan pada agen, peningkatan pelayanan pada konsumen dalam penyampaian yang tepat dan meningkatkan fasilitas penyimpanan terutama gudang terkait dengan persediaan produk.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/515/051203604
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Dec 2012 09:05
Last Modified: 18 Oct 2021 14:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115642
[thumbnail of 01._cover.pdf]
Preview
Text
01._cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 04._Ringkasan+kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
04._Ringkasan+kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 05._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
05._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 09._BAB_I.pdf]
Preview
Text
09._BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_II.pdf]
Preview
Text
10._BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11._BAB_III.pdf]
Preview
Text
11._BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._Bab_IV.pdf]
Preview
Text
12._Bab_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 13._BAB_V.pdf]
Preview
Text
13._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 15._SURAT_RISET.pdf]
Preview
Text
15._SURAT_RISET.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 16._PEDOMAN_WAWANCARA.pdf]
Preview
Text
16._PEDOMAN_WAWANCARA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 17._CURRICULUM_VITAE.pdf]
Preview
Text
17._CURRICULUM_VITAE.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item