Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Nasabah Pengguna Kartu ATM dan Kartu Kredit PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. Cabang Pembantu di Ruko Taman Pondok Indah W

Yulita, Ninda (2012) Pengaruh Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei pada Nasabah Pengguna Kartu ATM dan Kartu Kredit PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk. Cabang Pembantu di Ruko Taman Pondok Indah W. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan variabel-variabel dalam Relationship Marketing yang mempengaruhi Loyalitas Pelanggan, dan untuk mengetahui variabel dalam Relationship Marketing yang dominan pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research, dan bentuk pengamatan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Nasabah Pengguna Kartu ATM dan Kartu Kredit PT Bank Rakyat Indonesia Persero Cabang Surabaya. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 112 responden, dan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, analisis regresi linier berganda, dan analisis regresi parsial Hasil perhitungan statistik analisis regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 36,493. sedangkan Ftabel sebesar 2,46 (α ≤ 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel, yang berarti bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap variabel terikat. Hasil analisis juga diperoleh R Square sebesar 0,557 artinya bahwa 55,7% variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas. Hasil uji t menunjukkan keempat variabel bebas yang mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan nilai thitung keempat variabel lebih kecil daripada ttabel (α ≤ 0,05). Variabel Sama-sama Diuntungkan (X1) mempunyai thitung sebesar 3,513 (0,001), variabel Komitmen (X2) mempunyai thitung sebesar 1,987 (0,050), variabel Komunikasi (X3) mempunyai thitung sebesar 2,234 (0,028) dan variabel Kesungguhan (X4) mempunyai thitung sebesar 2,278 (0,025). Berdasarkan hasil analisis juga dapat disimpulkan bahwa variabel Kesungguhan (X4) mempunyai pengaruh yang dominan terhadap Loyalitas Pelanggan. Hal ini dapat di lihat dari koefisien regresi (B) variabel Kesungguhan (X4) merupakan koefisien regresi (B) terbesar di antara variabel bebas lainnya yakni, sebesar 0,218. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengujian terhadap hipotesis dapat diterima yang berarti bahwa, terdapat pengaruh variabel bebas secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap variabel terikat. Variabel Kesungguhan (X4) merupakan variabel yang dominan pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/513/051203602
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Nov 2012 14:17
Last Modified: 18 Oct 2021 14:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115641
[thumbnail of Ninda_Yulita_(FIA_2008).pdf]
Preview
Text
Ninda_Yulita_(FIA_2008).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item