Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo Pasca BLUD

Maulidiyah, Nur (2012) Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sidoarjo Pasca BLUD. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena setelah lahirnya peraturan mengenai Badan Layanan Umum yang pada dasarnya bertujuan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan memberikan fleksibilitas pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas serta penerapan praktik bisnis yang sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kualitas pelayanan publik setelah adanya perubahan status RSUD Kabupaten Sidoarjo menjadi Badan Layanan Umum. Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu hal yang penting serta merupakan tuntutan dari penerima jasa layanan yang selama ini organisasi pemerintah dikenal kurang baik dalam memberikan pelayanan publik kepada masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan Deskriptif Kualitatif yang bertujuan supaya penelitian yang dilakukan bisa lebih mendalam serta bisa memahami permasalahan yang sebenarnya terjadi di lapangan mengenai peningkatan kualitas pelayanan setelah adanya perubahan status RSUD Kabupaten Sidoarjo menjadi Badan Layanan Umum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa RSUD Sidoarjo mengalami peningkatan yang baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang bermutu dan berkualitas. Upaya yang dilakukan oleh RSUD Sidoarjo meliputi upaya pelatihan dan pendidikan karyawan untuk dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas kepada penerima jasa layanan kesehatan. Upaya kedua yang dilakukan oleh RSUD Sidoarjo dengan melakukan berbagai penambahan dan pengembangan sarana dan prasarana Rumah Sakit yang dapat menunjang kinerja rumah sakit dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat. Selanjutnya upaya yang dilakukan oleh RSUD Sidoarjo yaitu melalui upaya perbaikan system dan prosedur layanan yang mudah kepada masyarakat, upaya tersebut dilakukan secara terus menerus walaupun saat ini Rumah Sakit telah memiliki System Manajemen Informasi (SIM RS) yang bersifat online dan mudah diakses oleh penerima jasa layanan. Indikator peningkatan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah sakit dilihat dari kepuasan penerima jasa, diketahui kepuasan penerima pelayanan jasa cukup baik namun Rumah sakit belum pernah melakukan riset atau penilaian secara internal terhadap kepuasan penerima jasa layanan yang datang. Indikator yang kedua yaitu waktu pelayanan yang efektif dan efisien, disini Rumah Sakit mempunyai program one day care dimana penanganan tindakan medis bisa diselesaikan dalam satu hari. Indikator selanjutnya yaitu sikap dan perilaku pemberi layanan yang sudah cukup baik kepada penerima jasa layanan, dikarenakan adanya wawasan dan pengetahuan pegawai serta adanya kesadaran sehingga dapat memberikan pelayanan yang baik kepada pasien. Indikator berikutnya yaitu proses dan prosedur yang cepat dan tepat dalam menangani pasien, sehingga bisa segera memberikan pertolongan kepada pasien sesuai dengan tuntutan masyarakat dan mengurangi resiko terburuk apabila penanganan terlambat diberikan. Yang menjadi faktor pendorong dalam peningkatan kualitas pelayanan yaitu adanya perubahan status RSUD Sidoarjo menjadi BLU sehingga Rumah Sakit mempunyai fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran dan bisa melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat yaitu perlu adanya penyesuaian terhadap system BLU yang baru saja dilakukan oleh RSUD Sidoarjo, sehingga pegawai masih perlu menyesuaikan dengan syatem yang baru tersebut. Banyak pegawai yang belum terbiasa terhadap status Badan Layanan Umum RSUD Sidoarjo saat ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/512/051203363
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Dec 2012 13:57
Last Modified: 18 Oct 2021 14:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115639
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Summary.pdf]
Preview
Text
Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I_-_V.pdf]
Preview
Text
Bab_I_-_V.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item