Faktor Pendukung Dan Penghambat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Pada Masyarakat Desa Nglurup Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo)

RonnyNovalianto (2012) Faktor Pendukung Dan Penghambat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Pada Masyarakat Desa Nglurup Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Partisipasi politik masyarakat tersebut dimaksudkan disamping sebagai konsekuensi sebagai suatu negara dengan sistem demokrasi tetapi juga diharapkan agar pelaksanaan pemilihan kepala desa berjalan lancar dan lebih penting, agar terciptanya suatu pemberian legitimasi yang mantap bagi sistem politik desa dan juga pembaharuan desa. “Faktor Pendukung Dan Penghambat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa (Studi Pada Masyarakat Desa Nglurup Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo)” dengan permasalahan bagaimana partisipasi politik masyarakat Desa Nglurup dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam partisipasi politik masyarakat desa dalam pemilihan kepala desa di Desa Nglurup. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriftif dengan pendekatan metode kualitatif, sumber data yaitu data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi, instrument yang digunakan yaitu wawancara, catatan lapangan, peneliti sendiri, metode analisa dan interpretasi data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengkaji Faktor Pendukung Dan Penghambat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa, terdapat poin penting, yang pertama keikutsertaan dalam kampanye pemilihan kepala desa, yang kedua ialah keikutsertaan dalam pemungutan suara. Dalam proses penyelenggaraanya, partisipasi politik masyarakat dalam Pilkades terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya yang menjadi pendukung ialah pengetahuan terhadap calon dan tingkat pendapatan, kemudian yang menjadi faktor penghambatnya ialah antara lain tingkat pendidikan, Sosialisasi tata cara dan prosedur pemilihan Kepala Desa Dari hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa Faktor Pendukung Dan Penghambat Partisipasi Politik Masyarakat Dalam Pemilihan Kepala Desa di Desa Nglurup berupa keikutsertaan dalam kampanye pemilihan kepala desa serta keikutsertaan dalam pemungutan suara, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu; Pengetahuan terhadap calon yang cukup tinggi. Tingkat pendapatan. Sebenarnya dalam hal tingkat pendapatan Desa Nglurup tergolong mempunyai pendapatan yang cukup rendah, sehingga hal ini menyebabkan keikutsertaan masyarakat dalam pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa juga tergolong rendah, selain itu kurang keikutsertaan masyarakat Desa Nglurup dalam pelaksanaan pemilihan kepala desa salah satunya ialah disebabkan oleh tingkat pendidikan yang rendah yang dimiliki oleh warganya, dan yang terakhir ialah kurangnya Sosialisasi tata cara dan prosedur pemilihan Kepala Desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/506/051203595
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Dec 2012 09:15
Last Modified: 18 Oct 2021 14:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115632
[thumbnail of SKRIPSI_S1.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_S1.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item