Peran Program Jamkesmas terhadap Peningkatan Pelayanan Kesehatan untuk Masarakat Miskin (Studi pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang)

M, Rifky Teddy (2012) Peran Program Jamkesmas terhadap Peningkatan Pelayanan Kesehatan untuk Masarakat Miskin (Studi pada Puskesmas Dinoyo Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan kesehatan, dan peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo pada masyarakat miskin melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) serta kendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya masalah mengenai pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) seperti masalah cakupan kepesertaan yang melebihi kuota yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sehingga disini dibutuhkan peran Pemerintah Daerah untuk ikut serta dalam menyediakan dana tambahan untuk program ini sehingga pelayanan pada masyarakat miskin dapat terlayani secara optimal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif-kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan interview (wawancara),dokumentasi dan observasi. Instrumen penelitian menggunakan Peneliti Sendiri melalui pengamatan, pencatatan dan wawancara; pedoman wawancara; catatan lapangan serta data penunjang berupa dokumen-dokumen. Dengan teori pelayanan publik dan new public service dari Denhardt and Denhardt, dapat menganalisis permasalahan kualitas pelayanan kesehatan melalui Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat) di Puskesmas Dinoyo, Kota Malang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan kesehatan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang sesuai dengan standar pelayanan publik pelayanan kesehatan yang berlaku di Puskesmas Dinoyo. Pelayanan kesehatan di puskesmas Dinoyo lebih bersifat kuratif dan promotif karena disini puskesmas Dinoyo sebagai Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Kesehatan Kota Malang. Adanya program Jamkesmas ini telah mendorong peningkatan pelayanan kesehatan yang terstandar bagi peserta, tidak berlebihan sehingga terkendali mutu dan biayanya. Dilain pihak dapat memberikan kemudahan dan akses pelayanan kesehatan kepada peserta khususnya untuk wilayah cakupan pada Puskesmas Dinoyo dan pada umumnya di seluruh wilayah Kota Malang juga mengalami peningkatan akses dan mutu kualitas pelayanan kesehatan untuk peserta Jamkesmas.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/504/051203355
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Dec 2012 08:49
Last Modified: 18 Oct 2021 14:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115627
[thumbnail of PERAN_PROGRAM_JAMKESMAS.pdf]
Preview
Text
PERAN_PROGRAM_JAMKESMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item