Analis dan Perancangan Sistem Point of Sales (Studi Kasus pada Distro Revolver 99 Malang)

Kurniasari, RizkyAngelia (2012) Analis dan Perancangan Sistem Point of Sales (Studi Kasus pada Distro Revolver 99 Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dengan judul Analisis dan Perancangan Sistem Point of Sales ini dilakukan di Distro Revolver 99 Malang yang berlokasi di Jalan Jakarta 46 Malang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang kerap kali terjadi di dalam sistem informasi penjualan. Sistem informasi penjualan yang telah digunakan selama ini dirasa kurang efektif, terutama dalam hal efisiensi biaya, waktu dan tenaga. Untuk itu peneliti bertujuan mengetahui bagaimana pengelolaan sistem informasi penjualan yang telah diterapkan selama ini, dan kemudian berusaha memberikan solusi permasalahan yang terjadi melalui perancangan sistem point of sales. Point of sales merupakan sebuah sistem yang terdiri dari hardware dan software yang didesain sesuai dengan keperluan sistem informasi penjualan dan dapat diintegrasikan dengan beberapa alat pendukung agar dapat membantu mempercepat proses transaksi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang umumnya tidak memiliki metodologi penelitian yang ketat, tetapi lebih bergantung pada hasil eksplorasi penyelesaian masalah, dalam hal ini berupa perancangan sistem yang baru, yaitu sistem point of sales. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa masalah yang terjadi pada sistem yang selama ini diterapkan oleh Distro Revolver 99 Malang, untuk itu peneliti kemudian memberikan usulan solusi masalah berupa perancangan sistem point of sales. Hasil dari perancangan sistem point of sales ini terbukti dapat menyelesaikan masalah-masalah yang kerap kali terjadi pada sistem lama, untuk itu kehadiran sistem point of sales diharapkan dapat membawa kontribusi yang positif bagi perusahaan dan dapat meningkatkan kinerja perusahaan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/500/051203589
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Dec 2012 09:42
Last Modified: 18 Oct 2021 08:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115623
[thumbnail of RIZKY_ANGELIA.pdf]
Preview
Text
RIZKY_ANGELIA.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item