Evaluasi Kelayakan Investasi Aktiva Tetap Dalam Upaya Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada PO. Zena Divisi Pariwisata Malang),

Hidayati, YayukNurul (2012) Evaluasi Kelayakan Investasi Aktiva Tetap Dalam Upaya Pengembangan Usaha (Studi Kasus pada PO. Zena Divisi Pariwisata Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Investasi terhadap aktiva tetap perlu dilakukan oleh setiap perusahaan untuk dapat memperluas usahanya sehingga dapat memenuhi semua permintaan konsumen. Untuk mengetahui investasi tersebut layak atau tidak untuk dijalankan, maka perlu dilakukan sebuah analisis melalui studi kelayakan agar investasi yang dilakukan bermanfaat sesuai dengan tujuan perusahaan dan dapat memperkecil resiko yang dihasilkan. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis investasi penambahan aktiva tetap oleh PO. Zena layak atau tidak untuk dijalankan jika ditinjau dari aspek manajemen, aspek pasar dan aspek keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif deskriptif. Analisis data dilakukan berdasarkan aspek manajemen, aspek pasar dan aspek keuangan. Dalam menganalisis aspek keuangan dilakukan dengan beberapa tahap dan akhirnya sampai pada penilaian kelayakan investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek manajemen PO. Zena dapat dinyatakan layak untuk dijalankan karena perusahaan mempunyai sumber daya yang cukup untuk dapat mengoperasikan aktiva yang akan dibeli. Dengan adanya aktiva baru yaitu berupa pembelian bus yang baru, diharapkan perusahaan mampu memaksimalkan permintaan yang semakin meningkat tersebut dengan memaksimalkan sumber daya yang ada. Sedangkan jika ditinjau dari aspek pasar PO. Zena dapat dinyatakan layak untuk dijalankan karena perusahaan ini mempunyai daerah pemasaran yang cukup luas yaitu Jawa, Madura, Bali sehingga jumlah permintaan sangat berpotensi untuk terus mengalami kenaikan. Jika ditinjau dari aspek keuangan dengan kriteria penilaian investasi berdasarkan metode Average Rate of Return (ARR), investasi layak untuk dijalankan karena hasil perhitungan ARR lebih besar dari biaya modal (CoC) yaitu sebesar 48,57% dimana CoC = 18,83%. Metode Payback Period , investasi layak dijalankan karena lama masa pengembalian lebih kecil dari umur investasi (2 tahun 8 bulan 19 hari < 5 tahun). Metode Net Present Value , investasi layak dijalankan karena nilai NPV lebih besar dari 0 (NPV>0) yaitu sebesar Rp. 560.635.858 dengan tingkat discount factor sebesar 18,83%. Metode Pofitability index , investasi layak dijalankan karena nilai PI sebesar 1,6 (PI>1). Metode Internal Rate of Return , rencana investasi layak untuk dijalankan karena tingkat IRR yang dihasilkan lebih besar dari biaya modal (37,53 % > 18,83%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/483/051203572
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 22 Oct 2012 14:50
Last Modified: 18 Oct 2021 08:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115603
[thumbnail of 051203572.pdf]
Preview
Text
051203572.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item