Analisis Sistem dan Prosedur Penerimaan Kas Dalam Menunjang Pengendalian Intern (Studi Kasus pada Ramayana Departement Store Malang).

Putri, BellaniaIntan (2012) Analisis Sistem dan Prosedur Penerimaan Kas Dalam Menunjang Pengendalian Intern (Studi Kasus pada Ramayana Departement Store Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penerapan sistem dan prosedur penerimaan kas pada Ramayana Departement Store Malang. Berdasarkan tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui sistem dan prosedur penerimaan kas maka penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus . Dengan pendekatan studi kasus penulis memfokuskan penelitian pada struktur organisasi, sistem penerimaan kas, dokumen yang digunakan dan praktik-praktik yang sehat. Langkah-langkah analisis data adalah dengan melakukan analisis terhadap struktur organisasi, dokumen dan formulir yang digunakan, prosedur penerimaan kas dan mengevaluasi data yang dikumpulkan dan membandingkannya dengan teori. Sistem penerimaan kas pada Ramayana Departement Store Malang merupakan sistem penerimaan kas dari penjualan tunai dengan pembayaran uang tunai/ cash dan pembayaran kartu kredit Dari hasil analisis disimpulkan bahwa sistem dan prosedur penerimaan kas pada Ramayana Departement Store Malang sudah cukup baik namun masih terdapat beberapa kelemahan dalam pelaksanaannya. Struktur organisasi Ramayana Departement Store Malang menggunakan struktur organisasi lini dan staf yang cukup jelas dalam pembagian tugas dan wewenang. Dalam pelaksanaan prosedur penerimaan kas terdapat kelemahan diantaranya, kostumer yang diperbolehkan membawa barang yang akan dibeli untuk diserahkan kepada kasir, petugas kasir menyetorkan penerimaan kas kepada kepala kasir secara individual, penyetoran penerimaan kas dari kepala kasir kepada Perusahaan Jasa Cash Management dilakukan 4 (empat) hari sekali. Dokumen dan formulir yang digunakan pada sistem penerimaan kas Ramayana Departement Store Malang sudah cukup baik karena pada setiap dokumen tercantum tanggal dan nomer urut dokumen, akan tetapi masih terdapat kelemahan dalam pelaksanaannya diantaranya, tidak terdapat faktur penjualan tunai, form setoran kasir hanya dibuat satu lembar, tidak ada dokumen tanda terima setoran kasir, dan tidak ada dokumen tanda terima penyerahan credit card sales slip dari kepala kasir kepada bagian administrasi penjualan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/477/051203566
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Nov 2012 15:54
Last Modified: 23 Oct 2021 13:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115595
[thumbnail of Tanda_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BELLANIA_INTAN_PUTRI.pdf]
Preview
Text
BELLANIA_INTAN_PUTRI.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Gambar_17_Flowchart_Prosedur_Penerimaan_Kas_hal_77_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
Gambar_17_Flowchart_Prosedur_Penerimaan_Kas_hal_77_BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item