permatasari, Riaayu (2012) Analysis Of Factor That Influence Profitability (Case Study of Food and Beverage’s Companies at Indonesia Stock Exchange, Period 2008-2010). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Dunia bisnis di Indonesia saat ini sedang mengalami suatu era baru, era yang disebut sebagai era globalisasi. Dalam era ini perusahaan tidak lagi bersaing ditigkat lokal, melainkan tingkat internasional. Hal ini mendorong perusahaan untuk dapat mengembangkan produk-produknya, sehingga mampu bersaing dengan perusahaan lainnya. Dalam mengembangkan produknya perusahaan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit, karena itulah dibutuhkan dana dari luar perusahaan yang dapat dilakukan dengan melakukan Go Public masyarakat dalam menanamkan dananya membutuhkan suatu jaminan agar dana yang dikeluarkan dapat kembali, oleh karena itulah perusahaan diharuskan untuk mencapai kondisi yang profitable sebagai jaminan dapat kembalinya dana yang berasal dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu factor-faktor apa saja yang dapat dan dominan mempengaruhi profitabilitas perusahaan Food and Beverages yang Go Public di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2008-2010. Variable yang diduga mempengaruhi profitabilitas diantaranya adlah Sales Growth, Price Earning Ratio and Debt Ratio. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini merupakan penelitian eksplanatori dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, yang datanya merupakan data cross section dan time series. Pengaambilan tes sample penelitian menggunakan metode pupposive sampling dari perusahaan Food and Beverages yang Go Public di Indonesian Stock Exchange periode tahun 2008-2010 dan di peroleh sebanyak 16 perusaan sebagai sample. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi berupa data sekunder selama periode tahun 2008-2010. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic regresi linier berganda dengan memperhatikan asumsi klasik agar diperoleh hasil yang BLUE (Best Linier Unbiased Estimation) dalam menganalisis digunakan software SPSS 15.00 for Windows, dengan menggunakan tingkat signifikansi sebesar α=0,05. Hasil penelitian menunjukan, bahwa variable bebas Sales Growth, Price Earning Ratio and Debt Ratiodapat mempengaruhi secara simultan sebesar 5,107, sedangkan secara parsial hanya variable Price Earning Ratio yang dapat mempengaruhi secara signifikan dengan nilai thitung sebesar -3,763, karena itulah variable yang berpengaruh secara dominan juga variable Price Earning Ratio.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/475/051203564 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 11 Dec 2012 08:41 |
Last Modified: | 23 Oct 2021 13:15 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115593 |
Preview |
Text
covr.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
kata_pengantar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_isi.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_gambar.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
daftar_lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_1.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
bab_4.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_5_bhs_indo.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
lampiran.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |