Rantai Nilai Produk Abon Jamur Berbasis Online Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Umkm Ailani, Kota Malang

Sinaga, Ramayana (2018) Rantai Nilai Produk Abon Jamur Berbasis Online Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing Pada Umkm Ailani, Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Rantai nilai menguraikan aktivitas-aktivitas perusahaan yang relevan secara strategis untuk memahami perilaku biaya serta sumber diferensiasi yang sudah ada dan berpotensi. Rantai nilai bertujuan untuk mengidentifikasi tahap-tahap rantai nilai sehingga perusahaan dapat meningkatkan nilai untuk pelanggan atau untuk menurunkan biaya. Aktivitas rantai nilai terbagi menjadi dua kategori. Pertama aktivitas primer yaitu aktivitas yang berkaitan dengan penciptaan fisik produk, penjualan dan distribusinya ke para pembeli serta layanan setelah penjualan. Aktivitas terdiri dari logistik ke dalam, kegiatan operasi, logistik ke luar, pemasaran, penjualan dan pelayanan. Kedua adalah aktivitas sekunder yaitu aktivitas ini terdiri dari pembelian, pengembangan teknologi, manajemen sumberdaya manusia dan infrastruktur perusahaan, sehingga aktivitas-aktivitas rantai nilai primer dan aktivitas sekunder akan mempengaruhi keunggulan bersaing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan aktivitas yang mampu meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan dengan cara menganalisis aktivitas rantai nilai dan menghitung nilai tambah yang dihasilkan produk. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif menggambarkan mengenai rantai nilai, nilai tambah dan gambaran umum lokasi penelitian. Analisis deskriptif dapat mempermudah peneliti dalam menjelaskan data yang diperoleh yang meliputi gambaran umum perusahaan dan proses berjalannya aktivitas perusahaan. Analisis deskriptif digunakan untuk menjawab tujuan penelitian mengenai aktivitas primer dan sekunder rantai nilai yang menjadi keunggulan bersaing di UMKM Ailani. Analisis kuantitatif dipergunakan untuk menganalisis rantai nilai dan nilai tambah abon jamur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas primer rantai nilai yang memiliki skor tertinggi adalah pemasaran dan penjualan sebesar 0,35 sedangkan skor tertinggi pada aktivitas sekunder adalah pengembangan teknologi sebesar 0,29. Analisis selain rantai nilai yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis nilai tambah. Nilai tambah yang dihasilkan oleh produk abon jamur adalah Rp 62.152,00/kg jamur tiram atau 53% dari nilai produksi, artinya abon jamur memiliki nilai tambah tinggi. Sumbangan input lain sebesar Rp43.182,00/kg dan upah tenaga kerja sebesar Rp3.410,00/kg serta keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 58.742,00/kg. Saran yaitu perlu adanya layanan khusus untuk menyampaikan kritik dan saran, melaporkan kegiatan keuangan seminggu sekali, perlu dilakukan perekrutan dan pelatihan karyawan, meningkatkan strategi promosi serta melakukan repositioning produk untuk meningkatkan presepsi konsumen.

English Abstract

The value chain explain activities of company which relevant according strategic to know cost behavior as well as source differentiation that have there and potentially. The value chain purpose to identification stages the value chain so that company can improve the value for costumer or for cause to go down. The activity value chain split up to two category. The first primary activity is activity that be related with creating physical product, selling and distribution for costumers and service after selling. The activity consist of logistics to inside, activity of operation, logistics to outside, marketing, selling and service. The second is secondary activity that is this activity consist of buying, development technology, management human resources and infrastructure company, so that value chain primary activities and secondary activity will influence superiority compete. This research objective to analysis and get the activity that can improve superiority compete company with an analysis the value chain activity and count add value that the product generates. Quantitative descriptive analysis is used in research method. Descriptive analysis explain the value chain, added value and general description of research location. Descriptive analysis can simply the reseach in explaining the data obtained which includes the general decription of the company and the process of running the company’s activities. Descriptive analysis is used to answer objective of research on primary and secondary value chain activities advantage in UMKM Aliani. Quantitative analysis is used to analyze value chain and added value of abon jamur. The result showed that the primary activity value chain that has the highest score is marketing and sale of 0,35 while the highest score on secondary activity is the development of technology of 0,29. The lowest score on the primary activity is the service of 0,26 while the lowest score on the sondary activity is the development of technology with a score of 0,20. Analysis in addition to value chain used in this study is an additional value analysis. The additional value generated by the mushroom abon product is Rp 65.152,00/kg oyster mushroom or 53 % of the product value, meaning that the mushroom has high added value. Other input contributions amounted Rp 43.182,00/kg and labor costs of Rp4.410,0/kg and profit gained of Rp 58.742,00 kg. Suggestions are need for special services to convey criticism and suggestions, reporting financial activities once a week, need to be recruiting and training employees, improve promotion strategies and repositioning products to improve consumer perceptions.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/283/051804320
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production > 338.64 Size of enterprises > 338.642 Small business
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Jun 2018 01:48
Last Modified: 20 Oct 2021 11:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11558
[thumbnail of BAGIAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (462kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (152kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (400kB) | Preview
[thumbnail of BAB VI.pdf]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (113kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item