Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Manajemen Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Kabupaten Lamongan),

Sari, BetaliaPuspita (2012) Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Manajemen Perusahaan ( Studi pada Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Kabupaten Lamongan),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada hakekatnya Balanced Scorecard terdiri dari dua kata yaitu : Scorecard yaitu kartu yang digunakan untuk mencatat skor hasil kinerja seseorang yang nantinya digunakan untuk membandingkan dengan hasil kinerja yang sesungguhnya serta Balanced dimaksudkan untuk menunjukkan bahwa kinerja personel atau karyawan diukur secara seimbang dan dipandang dari dua aspek yaitu: keuangan dan non keuangan, jangka pendek dan jangka panjang, dan dari intern maupun ekstern. Balanced Scorecard memberikan suatu cara untuk mengkomunikasikan strategi suatu perusahaan pada manajer-manajer di seluruh perusahaan(Kaplan & Norton :2001). Pengukuran kinerja dengan penerapan Balanced Scorecard merupakan pengukuran kinerja dengan memperhatikan masing-masing perspektif Balanced Scorecard , yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Perusahaan Daerah Air Minum(PDAM) Kabupaten Lamongan berusaha menerapkan pengukuran kinerja dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Penelitian ini dilakukan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatak kuatitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PDAM kabupaten Lamongan yang terletak di jalan Lamongrejo nomor 96 Lamongan. Penelitian ini mengukur kinerja PDAM Kabupaten Lamongan dengan keempat perspektif Balanced Scorecard, yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Hasil yang diperoleh pada perspektif keuangan, perusahaan mengalami kinerja yang menurun dikarenakan oleh jumlah kerugian yang semakin besar ada tiap tahunnya, yaitu pada tahun 2009 PDAM Kabupaten Lamongan mengalami kerugian sebesar (Rp. 190.766.075,00), serta pada tahun 2010 menjadi meningkat sebesar (Rp.1.448.240.353,00). Dan kembali memburuk dengan mengalami kerugian sebesar Rp 2.189.164.912,00. Hal ini mempengaruhi banyak rasio yang digunakan dalam mengukur kinerja perusahaan. Pada perspektif pelanggan hanya pada kontinuitas air saja yang kinerjanya belum mengalami kenaikan, sedangkan pada perspektif bisnis internal mengalami hal yang positif dengan semakin berkurangnya tingkat kehilangan air dengan semakin mendekati batas kewajaran sebesar 20%. Pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran perusahaan mengalami penurunan yang dikarenakan keluarnya beberapa karyawan. Seteah mengetahui hasil kinerja pada masing-masing perspektif diharapkan perusahaan mampu mencari inisiatif dan strategi guna meningkatkan kinnerja perusahaan. Dalam hal ini sebaiknya perusahaan meningkatkan tingkat peneraan meter pelanggan yang akan meminimalkan tingkat kehilangan air yang dialami, hal ini dapat membuat kerugian yang dialami perusahaan menurun, serta jumlah pelanggan yang masih sangat rendah dibandingkan dengan target perusahaan sebesar 80% yang hanya mampu diperoleh sebesar 5%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/458/051203547
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Nov 2012 16:02
Last Modified: 22 Oct 2021 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115575
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._motto.pdf]
Preview
Text
2._motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Tanda_Persetujuan.pdf]
Preview
Text
3._Tanda_Persetujuan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._Tanda_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
4._Tanda_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._Pernyataan_Orisinilitas_Skripsi.pdf]
Preview
Text
5._Pernyataan_Orisinilitas_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6.ringkasan.pdf]
Preview
Text
6.ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7.kata_pengantar.pdf]
Preview
Text
7.kata_pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.daftar_isi.pdf]
Preview
Text
8.daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.daftar_tabel.pdf]
Preview
Text
9.daftar_tabel.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10.daftar_gambar.pdf]
Preview
Text
10.daftar_gambar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11.daftar_lampiran.pdf]
Preview
Text
11.daftar_lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12.BAB_I.pdf]
Preview
Text
12.BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13.BAB_II.pdf]
Preview
Text
13.BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 14.BAB_III.pdf]
Preview
Text
14.BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 15.BAB_IV.pdf]
Preview
Text
15.BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 16.BAB_V.pdf]
Preview
Text
16.BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 17.daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
17.daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 18._Surat_Keterangan.pdf]
Preview
Text
18._Surat_Keterangan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 19.cv.pdf]
Preview
Text
19.cv.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_kementerian.pdf]
Preview
Text
lampiran_kementerian.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item