Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang)

RamadhaniAriefBudi (2012) Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehidupan masyarakat yang semakin kompleks menginginkan adanya suatu pelayanan yang semakin berkualitas, yang mana dalam hal ini pemerintah sebagai provider atau penyedia harus lebih intensif didalam memperhatikan pelayanan pubik. Pelayanan masyarakat berkaitan dengan pemenuhan kepentingan publik. Pelayanan publik menjadi sangat penting karena selalu berhubungan dengan masyarakat yang memiliki keanekaragaman tujuan dan kepentingan. Sesuai dengan perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam masyarakat maka masyarakat sadar bahwa seseorang perlu memiliki bukti tertulis dalam menentukan status seseorang atas kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa, misalnya: perkawinan, kelahiran, kematian, pengakuan anak, pengesahan anak, perceraian, maupun pergantian nama. Hal ini dilakukan oleh sebuah dinas yang memiliki kewenangan yang menangani urusan kependudukan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Penulisan skripsi ini memiliki rumusan masalah antara lain (1) Bagaimana Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, (2) Faktor penghambat dan pendukung Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif agar nantinya dapat memberikan gambaran dan dapat mendeskripsikan segala yang terjadi pada di lokasi penelitian. Fokus dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, (2) Faktor penghambat dan pendukung Penyelenggaran Administrasi Kependudukan dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang. Metode yang digunakan adalah menggunakan wawancara, observasi, dan mengambil beberapa dokumentasi yang mendukung penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah peneliti sendiri, pedoman wawancara, field note dan kamera. Analisis data yang digunakan adalah Persiapan, tabulasi, penerapan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prinsip – prinsip pelayanan publik telah diterapkan dengan baik oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota malang. Semua unsur dalam pelayanan publik berusaha dilaksanakan secara optimal oleh semua pegawai di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil kota malang. Tujuannya untuk mewujudkan suatu pelayanan berkualitas yang diinginkan masyarakat dalam proses pembuatan KTP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/448/051203537
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Dec 2012 14:49
Last Modified: 22 Oct 2021 08:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115564
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item