Pemanfaatan Fungsi Media Radio Pada Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Radio Persada FM oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar)

Retnaningtyas, IkaNurin (2012) Pemanfaatan Fungsi Media Radio Pada Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar (Studi Deskriptif Tentang Pemanfaatan Radio Persada FM oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada dasarnya pemerintah mempunyai kewajiban untuk menginformasikan kebijakan yang diambilnya dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan. Sedangkan masyarakat mempunyai hak untuk mengetahui. Sesuai dengan prinsip good governance, prinsip transparansi, maka pemerintah melakukan komunikasi dengan masyarakat berupa menginformasikan kebijakan, dengan tujuan untuk memunculkan partisipasi masyarakat yang merupakan prinsip good governance lainnya. Bagian yang mempunyai peran dalam melakukan komunikasi atau penghubung antara pemerintah dengan masyarakat adalah Bagian Humas. Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar menggunakan media radio sebagai penunjang untuk melaksanakan pekerjaannya untuk berkomunikasi dengan masyarakat, yaitu Radio Persada FM. Penelitian ini dilakukan untuk melihat seperti apa pemanfaatan Radio Persada FM yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar melalui Bagian Humas dan pertimbangan yang diambil dalam memanfaatkan radio sebagai media. Dari hasil penelitian bisa diketahui bahwa pemanfaatan fungsi Radio Persada FM yang dilakukan oleh Bagian Humas sesuai dengan fungsi radio pada umumnya, yaitu sebagai media penerangan, media pendidikan dan media hiburan. Sedangkan yang menjadi pertimbangan dalam memilih radio sebagai media yang digunakan adalah didasarkan pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh radio. Kelebihan yang dimaksud meliputi sifat radio yang murah dan mudah/sederhana, tanpa batas dan fleksibel. Penelitian yang dilakukan juga menunjukkan bahwa saat ini keberadaan radio mulai tergeser disebabkan teknologi yang semakin maju. Dengan demikian perlu dilakukan suatu upaya untuk menyelamatkan eksistensi radio ditengah kemajuan teknologi yang secara perlahan-lahan bisa menggeser keberadaan radio sebagai media massa dan tidak menutup kemungkinan bila suatu saat radio akan hilang. Dalam hal ini Bagian Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar sebagai pemegang peranan penting didalam manajemen Radio Persada FM harus mengupayakan agar Radio Persada FM tidak tertinggal dan bisa tetap bertahan meskipun teknologi semakin maju.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/434/051203523
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Dec 2012 10:15
Last Modified: 22 Oct 2021 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115550
[thumbnail of SKRIPSIPDF.pdf]
Preview
Text
SKRIPSIPDF.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item