Efektivitas Pendaftaran Akta Tanah Terkait Dengan Fungsi Camat Dan Notaris (Studi Kasus Pada Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep)

YumaElFatmala (2012) Efektivitas Pendaftaran Akta Tanah Terkait Dengan Fungsi Camat Dan Notaris (Studi Kasus Pada Kecamatan Kota Kabupaten Sumenep). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis efektivitas pendaftaran akta tanah terkait dengan fungsi Camat dan Notaris di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep; (2) mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pendaftaran akta tanah terkait dengan fungsi Camat dan Notaris di Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti bermaksud menggambarkan fenomena yang menjadi pokok permasalahan dan akan mengekspresikan berbagai aspek yang terkait sebagai proses pendaftaran akta tanah, Camat dan Notaris selaku PPAT di Kecamatan Kota. Teknik pengumpulan data disesuaikan dengan jenisnya, yakni: (1) data primer dikumpulkan melalui wawancara, dan (2) data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka. Adapun pengolahan data digunakan analisis data Model Interaktif dimana data akan melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) mekanisme pendaftaran akta tanah, baik Camat di Kecamatan Kota maupun Notaris Syeh S.H. dalam proses pendaftaran akta tanah tidak sesuai dengan mekanisme pendaftaran yang ada pada Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 1997; (2) Camat Kecamatan Kota dan kantor Notaris Syeh S.H telah menetapkan persyaratan-persyaratan pendaftaran akta tanah sesuai dengan Peraturan Menteri Negara Agraria Nomor 1 Tahun 1996 Tentang Formasi Pejabat Pembuat Akta; (3) waktu yang dibutuhkan oleh Notaris Syeh S.H cepat dibandingkan dengan pendaftaran akta tanah di Camat Kecamatan Kota; (4) biaya pendaftaran akta tanah yang dikenakan oleh Camat Kecamatan Kota maupun Notaris Syeh S.H berbeda dengan biaya yang telah ditentukan dalam Peraturan Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 2 Tahun 1992 Tentang Biaya Pendaftaran Tanah; (5) Pada praktek pendaftaran akta tanah, baik Camat Kecamatan Kota maupun Notaris Syeh S.H. melakukan ketelitian dan ketepatan; (6) terdapat beberapa faktor pendukung yang dijumpai, yakni: kesadaran masyarakat akan pentingnya mendaftarkan akta tanah agar mendapat kekuatan dan kepastian secara hukum, kemudian adanya kerjasama antara pemohon pendaftaran akta tanah dengan Camat dan Notaris akan dapat memperlancar proses pendaftaran akta tanah karena adanya kerjasama maka kedua belah pihak dapat saling membantu jika ada suatu masalah atau kekurangan dalam persyaratan; (7)Hambatan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pendaftaran akta tanah adalah banyak pihak yang tidak mengetahui mengenai mekanisme resmi bagaimana cara mengurus pendaftaran akta tanah, sistem administrasi yang tidak teratur pada kantor pertanahan, dan hambatan lainnya adalah tingginya biaya pendaftaran akta tanah yang dirasa sangat memberatkan para pemilik tanah yang ingin mendaftarkan akta tanahnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/432/051203521
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Dec 2012 10:06
Last Modified: 22 Oct 2021 08:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115549
[thumbnail of cover.PDF]
Preview
Other
cover.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.PDF]
Preview
Other
BAB_I.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.PDF]
Preview
Other
BAB_II.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.PDF]
Preview
Other
BAB_III.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV__new_.PDF]
Preview
Other
BAB_IV__new_.PDF

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.PDF]
Preview
Other
BAB_V.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.PDF]
Preview
Other
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_1.PDF]
Preview
Other
Lampiran_1.PDF

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.PDF]
Preview
Other
SKRIPSI_FULL.PDF

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item