Analisis Kinerja Puskesmas dalam melaksanakan Progam Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk)

Irmaliana, NabillaAstrilia (2012) Analisis Kinerja Puskesmas dalam melaksanakan Progam Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan (Studi Pada Puskesmas Kecamatan Nganjuk Kabupaten Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring adanya otonomi daerah maka Progam Jaminan Kesehatan pun bergulir sejak tahun 2004. Tak dapat dipungkiri Progam Jaminan Kesehatan ini dapat membantu untuk lebih memajukan kesehatan masyarakat Indonesia. Derajat kesehatan di Kabupaten Nganjuk dari tahun 2008 sampai 2011 mengalami perbaikan baik dari jumlah kematian bayi dan ibu maupun status gizi balita. Dalam pelaksanaannya terdapat kendala didalamnya. Dalam mendukung pelaksanaan progam Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Miskin atau yang sekarang lebih dikenal dengan Jamkesmas, Puskesmas memiliki peranan yang sangat penting . Perananya adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang menjadi pengguna atas peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), untuk itu perlu adanya analisis terhadap kinerja puskesmas dalam melaksanakan progam Jamkesmas untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimanakah kinerja Pukesmas Nganjuk dalam melaksanakan Progam Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan ? 2) Kendala apakah yang dialami Puskesmas Nganjuk dalam pelaksanaan Progam Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ? Penelitian ini dilaksanakan Untuk Mendiskripsikan dan menganalisis Kinerja Pukesmas Nganjuk dalam Melaksanakan Progam Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS ) untuk meningkatkan pelayanan Kesehatan dan Untuk Mendiskripsikan dan menganalisis kendala yang ditimbulkan dari pelaksanaan progam Jaminan Kesehatan Masyarakat (JAMKESMAS) dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas Nganjuk . Penelitian ini menggunakan metode diskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data tersebut diperoleh melalui wawancara ,mendalam dengan para informan, disamping studi dokumentasi dan observasi. Dari hasil penelitian, Kinerja Puskesmas dalam melaksanakan progam Jamkesmas sudah cukup baik, puskesmas melaksanakan sepenuhnya dari input yaitu Kepesertaan progam Jamkesmas, Penyaluran dana, Prosedur pelayanan kesehatan di Puskesmas Nganjuk. Dari keseluruhan sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada kendala seperti dalam hal kepesertaan kendala yaitu masyarakat yang sudah tidak layak mendapatkan kartu Jamkesmas masih terdaftar dalam progam Jamkesmas, dan masyarakat yang kehilangan kartu jamkesmas akan sulit mendapatkan kartu itu lagi. Dan dalam penyaluran dana, kendalanya proses penyaluran dana nya masih ruwet dan panjang. Jadi untuk memperoleh dana Jamkesmas puskesmas harus melalui proses yang panjang. Setelah input dari segi Proses terdapat pelayanan yang diberikan Puskesmas Nganjuk dalam Progam Jamkesmas , Sumber daya Manusia dan Fasilitas, Sarana dan Prasarana, menurut masyarakat yang berkunjung di Puskesmas Nganjuk, Masyarakat sudah cukup puas terhadap kinerja puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada seluruh masyarakat, hanya saja puskesmas masih sering antri karena banyaknya pasien yang datang berkunjung ke puskesmas Nganjuk, sedangkan mengenai SDM nya Puskesmas sudah memiliki pegawai dengan pendidikan yang cocok dengan jabatannya, Untuk meningkatkan kinerja bidan dalam melaksanakan pelayanan kesehatan mereka diberi pelatihan/diklat yang diadakan oleh Dinkes, fasilitas juga mempunyai pengaruh penting terhadap hasil kerja yang dilakukan oleh pegawai. Seperti ruangan pelayanan yang nyaman dan tersedianya peralatan medis yang digunakan. Didalam melaksanakan kinerja dalam melaksanakan progam Jamkesmas, Puskesmas Nganjuk selalu berusaha mencapai tingkat efektifitas dan efesiensi. Efektifitas menyangkut progam yang dilaksanakan puskesmas mencapai progam Jamkesmas itu sendiri yaitu meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan terhadap seluruh masyarakat miskin dan tidak mampu agar tercapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal secara efektif dan efisien. Dalam pelaksanaannya Puskesmas Nganjuk berusaha memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh masyarakat termasuk masyarakat progam Jamkesmas, selama ini pelaksanaan Progam Jamkesmas berjalan dengan cukup lancar hal itu bisa dilihat dari pelayanan yang diberikan Puskesmas kepada masyarakat dan tidak ada keluhan dari masyarakat mengenai kinerja Puskesmas dalam melaksanakan progam Jamkesmas, meskipun masih ada kendala dalam pelaksanaannya. Untuk mengetahui keberhasilan suatu Progam tentu di perlukan evaluasi, evaluasi progam Jamkesmas yaitu dengan masing-masing poli dan loket menyampaikan mengenai keberhasilan maupun kendala yang dialami dalam melaksanakan progam Jamkesmas, kemudian bersama dicari jalan keluarnya, selain itu Dinas Kesehatan melakukan evaluasi ke Puskesmas. Mengenai Kendala yang dihadapi Puskesmas dalam melaksanakan progam Jamkesmas terutama kendala yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan yang berada dalam ruang lingkup Puskesmas, Kendala tersebut adalah penurunan dana dari pusat ke puskesmas yang prosesnya panjang dan cukup rumit. Karena anggaran yang hanya mengandalkan dana dari Pusat, permasalahan dalam pendanaan menjadi kendala dalam melaksanakan progam Jamkesmas, selain itu kendala lainnya pasien Jamkesmas yang datang berobat ke Puskesmas tidak membawa kartu Jamkesmas menjadai kendalanya.Sedangkan terkait kendala masyarakat dalam menggunakan pelayanan Puskesmas masyarakat tidak menggunakan pelayanan kesehatan di Puskesmas karena lebih dari sisi kebiasaan masyarakat yang lebih nyaman dengan tenaga kesehatan langganannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/428/051203517
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Oct 2012 15:13
Last Modified: 22 Oct 2021 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115544
[thumbnail of 051203517.pdf]
Preview
Text
051203517.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item