Analisis Kebijakan Pemberian Pembiayaan (Kredit) Modal Kerja Berdasarkan Akad Mudharabah Dan Musyarakah Dikaitkan Dengan Kinerja Bank (Studi Pada Pt. Bpr. Syariah Bumi Rinjani Batu)

Filinika,YanaElena (2012) Analisis Kebijakan Pemberian Pembiayaan (Kredit) Modal Kerja Berdasarkan Akad Mudharabah Dan Musyarakah Dikaitkan Dengan Kinerja Bank (Studi Pada Pt. Bpr. Syariah Bumi Rinjani Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyaluran dana berupa pembiayaan merupakan kegiatan bisnis utama (core business) perbankan, karena aktivitas tersebut merupakan fungsi investasi yang memberikan penghasilan. Kebijakan manajemen dalam memberikan pembiayaan harus mempertimbangkan keamanan keuangan yang dapat menggambarkan pembiayaan berjalan secara efektif. Keefektifan kebijakan penyaluran dana tergambar pada CAR, LDR, NPL dan profitabilitas. Selain hal tersebut, bank Syariah harus juga memperhatikan faktor 5’C ( character, capacity, capital, collateral, dan condition of economic) dan Laporan Keuangan untuk menilai Rasio Likuiditas, Rasio Solvabilitas dan Rasio Rentabilitas dari calon nasabah pada saat akan memutuskan pemberian pembiayaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kebijakan pemberian pembiayaan (kredit) modal kerja berdasarkan akad Mudharabah dan Musyarakah yang diterapkan pada PT. BPR Syariah Bumi Rinjani Batu, (2) untuk mengetahui pengambilan keputusan pemberian pembiayaan (kredit) modal kerja berdasarkan prinsip 5’C pada PT. BPR Syariah Bumi Rinjani Batu, (3) Untuk mengetahui kinerja keuangan pada PT. BPR. Syariah Bumi Rinjani Batu berdasarkan prinsip kehati-hatian. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus, karena penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data lalu menganalisis data dengan penjelasan tanpa menggunakan hipotesis. Penelitian dalam merumuskan permasalahan dilakukan peneliti dengan mengadakan pengamatan secara langsung di BPRS. Bumi Rinjani Batu. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan pihak marketing, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau catatan seperti, laporan keuangan. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis rasio keuangan Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas calon nasabah serta rasio CAR, ROI, LDR dan NPL bank Syariah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, BPR. Syariah Bumi Rinjani Batu telah menerapkan kebijakan (standar dan syarat) yang memenuhi konsep kehati-hatian dan diimplementasikan secara konsisten. Hal tersebut diperkuat oleh tiga contoh kasus, dimana dua pemohon diterima karena telah resmi memenuhi kriteria standar dan syarat pembiayaan, sedangkan satu pemohon yang tidak memenuhi kriteria kebijakan ternyata ditolak. Penilaian terhadap kinerja keuangan BPR. Syariah Bumi Rinjani Batu untuk permodalan sudah sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia, profitabilitas yang diperoleh dari total aktiva cukup rendah, likuiditas bank kurang produktif karena dana yang terkumpul dari dana pihak ketiga belum tersalurkan sepenuhnya, dan bank dinilai sangat sehat karena tidak terdapat pembiayaan bermasalah untuk pembiayaan modal kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/42/051200681
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 15:28
Last Modified: 22 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115536
[thumbnail of 051200681.pdf]
Preview
Text
051200681.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item