Roekmana, Ricky (2012) Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Listrik Prabayar (Studi pada PT. PLN (PERSERO) UPJ Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
PT. PLN (PERSERO) adalah Badan Usaha Milik Negara yang terus membuat inovasi-inovasi terhadap pelayanannya yang salah satu inovasi tersebut adalah pelayanan listrik prabayar. Namun, seiring berjalannya waktu pelayanan listrik prabayar masih sering mengalami permasalahan yang dalam hal ini berdasarkan banyaknya ketidakpuasan dari masyarakat yang disampaikan berupa keluhan didalam situs resmi PT. PLN yang dimana keluhan ini dikhususkan kepada PT. PLN (PERSERO) UPJ Kota Malang. Berdasarkan permasalahan tersebut, diadakan sebuah penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kepuasan masyarakat melalui Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan listrik prabayar, faktor pendukung dan penghambat pelayanan listrik prabayar dan upaya-upaya PT. PLN UPJ Kota Malang dalam meningkatkan pelayanan listrik prabayar. Sehingga sesuai dengan tujuan tersebut penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil yang didapat oleh peneliti melalui metode perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat secara keseluruhan pelayanan listrik prabayar PT. PLN UPJ Kota Malang sudah baik yang dimana pernyataan ini berdasarkan hasil nilai konversi IKM yaitu 77 yang dimana nilai termasuk dalam nilai interval 62,51-81,25 yang apabila nilai konversi berada diantara nilai interval tersebut mutu pelayanan sudah dikatakan baik. Sedangkan faktor pendukung dari pelayanan listrik prabayar ini adalah beberapa masyarakat yang mudah disosialisasikan, beberapa individu yang dapat diajak kerjasama dalam pendistribusian pulsa pada awal pelaksanaan pelayanan tersebut. Selain adanya faktor pendukung juga terdapat faktor penghambat yang diantaranya adalah masyarakat yang sulit dan tidak mau menerima informasi saat disosialisasikan pelayanan listrik prabayar tersebut dan masih adanya beberapa individu yang belum percaya terhadap sistem dari pelayanan listrik prabayar pada awal pelaksanaan. Sedangkan upaya-upaya PT. PLN UPJ Kota Malang dalam memberikan peningkatan terhadap pelayanan listrik prabayar adalah dengan mengadakan diklat terhadap karyawan terkait pelayanan listrik prabayar, mengadakan sosialisasi langsung memperbarui situs PLN terkait listrik prabayar dan membuat buku panduan dan brosur terkait pelayanan listrik prabayar. Berdasarkan hal-hal tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan listrik prabayar berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat secara keseluruhan sudah baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/419/051203508 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 03 Dec 2012 09:26 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 08:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115535 |
Preview |
Text
Ricky_Roekmana_0810313137.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |