Mauliniandari, DebyTista (2012) Kualitas Pelayanan Perijinan Pelayaran Kapal Perikanan Melalui Surat Persetujuan Berlayar (Studi Pada Kantor Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan Kota Probolinggo),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pelabuhan perikanan sebagai elemen dasar dari penyelenggaraan kegiatan perikanan dan juga sebagai tempat bagi masyarakat yang memanfaatkan jasa pelabuhan perikanan. Dalam upaya meningkatkan pelayanan yang disesuaikan dengan kondisi kegiatan perikanan, maka pelabuhan perikanan menyelenggarakan pelayanan perijinan dalam pemberian keselamatan berlayar secara maksimal. Dengan meningkatkan kualitas pelayanan perijinan pelayaran, maka kondisi kapal-kapal perikanan yang beroperasi dapat memenuhi persyaratan dan dokumen-dokumen yang laik laut. Penelitian ini menurut jenis pendekatannya merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan me tode analisis yang digunakan adalah metode analisis interaktif Morse dan Field yaitu analisis data pada sebuah proses tentang pencocokan data secara bersamaan, dengan tujuan membuat data yang samar menjadi nyata, serta menghubungkan sebab dan akibat yang merupakan suatu proses verifikasi dan dugaan, koreksi dan modifikasi, usul dan pertahanan. Metode penelitian Morse dan Field terdiri dari empat tahapan yaitu memahami, sintesis, teoritis, recontextualisasi. Hasil penelitian menunjukkan dengan adanya Surat Persetujuan Berlayar (SPB), maka kapal perikanan tidak memerlukan mekanisme yang panjang untuk melakukan perijinan pelayaran karena pelabuhan perikanan telah dilengkapi seksi kesyahbandaran. Melalui Surat Persetujuan Berlayar di Unit Pengelola Pelabuhan Perikanan Pantai (UPPPP) Mayangan Kota Probolinggo, mekanisme sertifikasi kelaikan laut sudah mencapai pelayanan yang berkualitas. Hal ini diketahui dari pelayanan yang dirasakan nyata oleh pelanggan/masyarakat berdasarkan lima indikator kepuasan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy . Dalam penelitian ini, peneliti menyarankan perlu adanya pelatihanpelatihan mengenai kegiatan teknis atau non teknis tentang syahbandar, sistem pengelolaan pengaduan yang secara efektif dan efisien mengolah berbagai pengaduan masyarakat. Perbaikan sarana dan prasarana dalam peningkatan kualitas pelayanan perijinan pelayaran kapal perikanan dengan menyediakan media informasi dan pendataan kapal-kapal perikanan antar pelabuhan secara akurat. Serta meningkatkan kegiatan sosialisasi secara intensif kepada nelayan, pemilik kapal perikanan, ataupun perusahaan (agen) kapal perikanan mengenai pentingnya penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/417/051203506 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 10:56 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 08:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115533 |
Preview |
Text
051203506.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |