Pengaruh Usability, Information Quality, Service Interaction, dan Overall terhadap Kepuasan Pengguna (Survei pada Pengguna www.kaskus.com)

SubiyantoRikiMarta (2012) Pengaruh Usability, Information Quality, Service Interaction, dan Overall terhadap Kepuasan Pengguna (Survei pada Pengguna www.kaskus.com). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa besar tingkat kepuasan pengguna website kaskus.com menggunakan WebQual v4.0 tools. Usability, information quality, service interaction adalah tiga dimensi WebQual v4.0 tools ditambah dengan satu instrument pelengkap yaitu overall yang mewakili ketiganya. Kaskus.com adalah salah satu website yang menyediakan tempat untuk melakukan diskusi dan jual beli dalam satu domain. Jadi, para moderator dan adminwebsite kaskus.com memerlukan pemahaman terhadap apa yang diharapkan penggunanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website kaskus.com secara garis besar sudah memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan dan harapan serta keinginan penggunanya. Hal tersebut dapat dilihat dari, desain dan kemudahan penggunaan website kaskus.com sudah cukup baik, meskipun masih ada yang harus diperbaiki agar pengguna menjadi lebih terpengaruh dan tertarik menggunakan kaskus.com. Kualitas informasi dipandang cukup baik oleh penggunanya. Tiap informasi yang disampaikan mampu diterima dengan jelas oleh penggunanya. Setiap sumber informasi dan narasumbernya selalu tercantum. Selain itu, masih terdapat kekurangan dalam penataan informasi pada thread-threadnya. Kualitas Pelayanan yang interaktif menjadi satu-satunya kelebihan website kaskus.com, dimana pengguna merasa diberi keamanan dalam melakukan setiap kegiatan transaksi ataupun diskusi. Secara menyeluruh apabila diukur berdasar gabungan antara desain tampilan, kemudahan penggunaan, kualitas informasi, kualitas layanan, dan keamanan, maka website kaskus.comdapat dikatakan telah memberikan apa yang menjadi harapan penggunanya. Pada akhirnya, pengguna yang terpuaskan akan membuat pengguna menjadi setia menggunakan website dan memberikan rekomendasi pada rekan mereka agar ikut serta menjadi pengguna kaskus.com.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/399/051202674
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 08:58
Last Modified: 05 Sep 2012 08:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115512
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item