Optimalisasi Penerapan Sistem Listrik Prabayar Sebagai Wujud Perbaikan Mutu Layanan (Studi Pada PT. PLN UPJ Lawang)

Batubara, SulvianaSari (2012) Optimalisasi Penerapan Sistem Listrik Prabayar Sebagai Wujud Perbaikan Mutu Layanan (Studi Pada PT. PLN UPJ Lawang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Listrik merupakan kebutuhan pokok bagi kehidupan manusia, oleh karena itu PLN dituntut untuk selalu meningkatkan produktivitas pelayanannya dalam penyediaan tenaga listrik. Layanan Listrik Prabayar merupakan bentuk pelayanan PLN dalam menjual energi listrik dengan cara pelanggan membayar dimuka. Kemudahan dari listrik prabayar ini adalah pelanggan dapat mengontrol penggunaan listriknya setiap saat, jadi pengendalian listrik sepenuhnya ada pada diri pelanggan. Kekhawatiran tagihan listrik listrik yang membengkak tidak perlu terjadi lagi, baik yang disebabkan oleh penggunaan listrik yang tidak terkontrol maupun terjadinya kesalahan baca meteran. Dengan adanya listrik prabayar ini, pelanggan dapat membeli pulsa diawal sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tidak perlu terjadi lagi. Laporan penelitian ini bermaksud mendeskripsikan dan menganilisis optimalisasi penerapan sistem listrik prabayar sebagai wujud perbaikan mutu layanan di PT. PLN UPJ Lawang. Oleh karena itu metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini, pertama, Optimalisasi penerapan listrik prabayar PT. PLN UPJ Lawang dalam memperbaiki mutu layanan meliputi (a) Sosialisasi dan promosi tentang listrik prabayar kepada masyarakat; (b) Kualitas pelayanan kepada pelanggan dibidang ketenagalistrikan meliputi Penyederhanaan prosedur pelayanan kepada pelanggan, peningkatan tanggung jawab pegawai, peningkatan kesopanan dan keramahan pegawai, dan ketepatan waktu; kedua, Faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi oleh PT. PLN UPJ Lawang dalam memperbaiki mutu pelayanan publik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme penerapan sistem listrik prabayar di Lawang sudah berjalan dengan optimal tetapi masih perlu ditingkatkan lagi sosialisasi dan promosi listrik prabayar oleh petugas PT. PLN UPJ Lawang kepada masyarakat sehingga mereka bisa lebih mengerti dan memahami manfaat dari listrik prabayar yang mana masyarakat lebih bisa mengontrol penggunaan listriknya dan berusaha untuk lebih menghemat energi listrik. Pihak PT. PLN UPJ Lawang harus lebih meningkatkan kualitas pelayanan dan produknya agar terciptanya kepuasan pelanggan dengan semakin besarnya harapan masyarakat terhadap pelayanan dan kualitas PLN. Faktor penghambat dan pendorong yang muncul antara lain terbatasnya persediaan jumlah kWh meter dan tenaga ahli yang membuat kWh meter, kurangnya pengetahuan masyarakat tentang listrik prabayar, adanya target wajtu untuk menangani keluhan pelanggan, semakin meningkatnya harapan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/390/051202665
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Sep 2012 10:07
Last Modified: 22 Oct 2021 07:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115505
[thumbnail of 051202665.pdf]
Preview
Text
051202665.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item