Analisis Sistem Pembiayaan Gadai Syariah (Rahn) Untuk Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Perum Pegadaian Syariah Cabang Sidokare Sidoarjo)

Isnaini,Lailatul (2012) Analisis Sistem Pembiayaan Gadai Syariah (Rahn) Untuk Meningkatkan Pengendalian Intern (Studi Pada Perum Pegadaian Syariah Cabang Sidokare Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam Islam kegiatan perekonomian masyarakat disesuaikan dengan syariat Islam yang telah ditetapkan oleh Al-Qur’an dan Al-Hadits. Perum Pegadaian Syariah tidak memberlakukan bunga dan memakai sistem ijaroh dalam memberikan jasanya kepada masyarakat. Pembiayaan gadai syariah ( rahn ) merupakan salah satu produk dari Perum Pegadaian Syariah yang diminati oleh masyarakat yang dapat mendukung kepreluan pendanaan. Penelitian ini memiliki beberap tujuan, yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan Sistem Pembiayaan Gadai Syariah ( rahn ) pada Perum Pegadaian Syariah untuk meningkatkan pengendalian intern. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu dengan menjelaskan pelaksanaan sistem pembiayaan gadai syariah ( rahn ). Langkah-langkah dalam menganalisa data pada penelitian ini dengan menggambarkan sistem pembiayaan gadai syariah ( rahn ) untuk meningkatkan pengendalian intern serta memberikan solusi apabila terdapat penyimpangan. Dari hasil penelitian diketahui ada beberapa kelemahan, yaitu masih adanya perangkapan fungsi, penggunaan formulir yang masih belum efisien. Perangkapan fungsi tersebut akan berdampak pada kinerja Perum Pegadaian Syariah. Perum Pegadaian Syariah Cabang Sidokare Sidoarjo harus memiliki pemisahan tugas yang jelas sehingga pengendalian intern dapat meningkat dengan baik. selain itu penggunaan formulir harus dilakukan secara efisien agar Perum Pegadaian Syariah Cabang Sidokare Sidoarjo mempunyai informasi yang jelas dan lengkap tentang nasabah ( rahin ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/39/051200678
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 15:16
Last Modified: 22 Oct 2021 07:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115504
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.MOTTO_dan_lain-lain.pdf]
Preview
Text
2.MOTTO_dan_lain-lain.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.IMG_0001.pdf]
Preview
Text
9.IMG_0001.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item