Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Malang (Studi Pada Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang)

Prayogo, IndroBudi (2012) Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Malang (Studi Pada Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengambil tema Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Malang (Studi Pada Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang). Fokus penelitian ini yaitu bagaimana implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang. Disamping itu juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis pertama, yang digunakan adalah model analisa interaktif dari Miles dan Huberman dengan empat prosedur yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Analisis kedua adalah force field analisis yaitu dengan mengidentifikasi driving force dan restraining force. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi guru di Kota Malang yang dilakukan oleh Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang secara umum sudah terlaksana dengan baik. Pada tahap penetapan peserta sudah berjalan baik sesuai dengan pedoman penetapan peserta sertifikasi. Pada tahap pelaksanaan sertifikasi secara umum baik didukung SDM yang kompeten, sarana dan prasarana, standart pelaksanaan sesuai dengan buku pedoman, tingginya motivasi. namun ditemui beberapa kendala yaitu komunikasi, kondisi fisik guru, lingkungan ekonomi, kurangnya alokasi waktu, tranparansi penilaian. Pada tahap peyimpangan dan sanksi berjalan dengan baik dan tidak ditemui permasalahan. Saran, dalam hal komunikasi yaitu transmisi, konsistensi, kejelasan. lingkungan ekonomi yaitu melakukan pengajuan anggaran baru, Alokasi waktu yaitu melakukan manejerial waktu dengan baik, menurunnya kondisi guru dan trsparansi penilaian yaitu melakukan sosialisasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/383/051202658
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 14:37
Last Modified: 22 Oct 2021 07:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115498
[thumbnail of Cover,Tanda_Pengesahan,dll.pdf]
Preview
Text
Cover,Tanda_Pengesahan,dll.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item