Prayogo, IndroBudi (2012) Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Malang (Studi Pada Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mengambil tema Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Di Kota Malang (Studi Pada Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang). Fokus penelitian ini yaitu bagaimana implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang dan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang. Disamping itu juga untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang mendukung dan menghambat Implementasi kebijakan sertifikasi dalam meningkatkan kompetensi guru di Kota Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis pertama, yang digunakan adalah model analisa interaktif dari Miles dan Huberman dengan empat prosedur yaitu: mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Analisis kedua adalah force field analisis yaitu dengan mengidentifikasi driving force dan restraining force. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan sertifikasi guru di Kota Malang yang dilakukan oleh Panitia Sertifikasi Guru Rayon 115 Universitas Negeri Malang secara umum sudah terlaksana dengan baik. Pada tahap penetapan peserta sudah berjalan baik sesuai dengan pedoman penetapan peserta sertifikasi. Pada tahap pelaksanaan sertifikasi secara umum baik didukung SDM yang kompeten, sarana dan prasarana, standart pelaksanaan sesuai dengan buku pedoman, tingginya motivasi. namun ditemui beberapa kendala yaitu komunikasi, kondisi fisik guru, lingkungan ekonomi, kurangnya alokasi waktu, tranparansi penilaian. Pada tahap peyimpangan dan sanksi berjalan dengan baik dan tidak ditemui permasalahan. Saran, dalam hal komunikasi yaitu transmisi, konsistensi, kejelasan. lingkungan ekonomi yaitu melakukan pengajuan anggaran baru, Alokasi waktu yaitu melakukan manejerial waktu dengan baik, menurunnya kondisi guru dan trsparansi penilaian yaitu melakukan sosialisasi dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/383/051202658 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 04 Sep 2012 14:37 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 07:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115498 |
Preview |
Text
Cover,Tanda_Pengesahan,dll.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Daftar_Pustaka.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |