Peran Laboratorium Lapang (Lab Site) Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (Studi pada Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Umam, MuhammadYudhaHawaril, (2012) Peran Laboratorium Lapang (Lab Site) Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (Studi pada Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara berkembang yang hingga saat ini sedang melakukan pemulihan dan peningkatan dalam berbagai aspek. Ini yang mengakibatkan mutlak adanya pembangunan dalam segala aspek kehidupan. Model pembangunan yang selama ini coba dikembangkan adalah partisipatif yang mengutamakan pengelolaan langsung oleh masyarakat lokal. Model yang demikian itu menekankan pada upaya pengembangan kapasitas masyarakat dalam bentuk pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk pembangunan. Melalui Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat dan Desa/Kelurahan Malang kemudian muncul program laboratorium lapang (lab site) pemberdayaan masyarakat kelurahan. Dalam hal ini kelurahan dianggap strategis karena sebagai dasar dari satuan pemerintahan yang terkecil dari suatu komunitas pemerintahan negara, sehingga boleh dikatakan bahwa keberhasilan dalam melakukan pembangunan juga tergantung dari sejauh mana partisipasi masyarakat setempat beserta aparatur pemerintahan kelurahan dalam perencanaan pembangunan tersebut. Dalam artian masyarakat harus ikut berpartisipasi dan diberi kepercayaan serta kewenangan yang cukup dalam mengurusi rumah tangga kelurahannya. Laboratorium Lapang (lab site) disini diterjemahkan sebagai pusat pembelajaran, pengkajian dan pengembangan program serta kegiatan pelatihan pemberdayaan masyarakat. Selain itu juga ditujukan untuk pengembangan model pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan potensi, tipologi, masalah kebutuhan dan tingkat perkembangan kelurahan sebagai pendukung pengembangan suatu wilayah. Dalam penelitian ini pada dasarnya mencari tahu tentang peran dari adanya lab site pemberdayaan masyarakat kelurahan. Hasil yang diperoleh dari penelitian menunjukkan bahwa program lab site ini berhasil menunjukkan perannya dengan kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang sebagai salah satu lab site yang telah dibentuk dan merupakan salah satu strategi program pembangunan yang ada di Indonesia. Dari Kelurahan Pandanwangi sebagai lab site pemberdayaan masyarakat sampai komponen kelurahan secara umum dapat dikatakan berdaya, bahkan menjadi percontohan dalam hal pemberdayaan masyarakat kelurahan. Ini terwujud dalam kemampuan mereka menyangkut aspek ekonomi, kemampuan mengakses manfaat kesejahteraan, dan yang paling esensi adalah kemampuan nyata kelurahan dalam meberdayakan warganya yang salah satunya melalui Kelompok Masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/381/051202656
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 14:55
Last Modified: 22 Oct 2021 07:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115496
[thumbnail of 051202656.pdf]
Preview
Text
051202656.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item