Peningkatan Profesionalisme Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri

Kurniawati, WidyametaNur (2012) Peningkatan Profesionalisme Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik ini merupakan sebuah tuntutan yang lahir dari masyarakat (public) yang menuntut agar mereka mendapat hak dan perlakuan yang sama oleh negara dalam beraktivitas dan mempertahankan eksistensinya sebagai warga negara.Salah satu pelayanan publik yang terus menerus melakukan perbaikan adalah pelayanan perpustakaan. Memberikan pelayanan yang profesional bukan saja menjadi kewajiban pemerintah tetapi menjadi hak masyarakat. Oleh karena itu upaya peningkatan kinerja pelayanan perlu ditingkatkan agar menjadi profesional dalam melayani masyarakat terhadap kinerja instansi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis peningkatan Profesionalime Pelayanan Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri dalam meningkatkan pelayananserta kendala yang dihadapi oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri dalam mengidentifikasi pemasalahan sehubungan dengan peningkatan profesionalisme. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Lokasi penelitiannya pada Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri.Sedangkan untuk tekhnik pengumpulan datanya meliputi wawancara, observasi, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis memperlihatkan bahwa peningkatan profesionalisme pelayanan yang dilaksanakan oleh Perpustakaan Umum Daerah Kota Kediri sudah berjalan dengan baik meskipun masih ada kekurangannya. Hal ini dapat dilihat dengan memberikan: Pembinaan, Diklat, dan Insentif, serta kemampuan yang dimiliki pegawai perpustakaan. Sedangkan Faktor Pendukung berupa Anggarandan Lingkungan Organisasi.Faktor Penghambatnya Keterbatasan Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana, Pengguna Layanan ( masyarakat). Beberapa saran yang diberikan peneliti adalahdengan peningkatkan sarana prasarana, mengikut sertakan lebih dari 2 orang untuk mengikuti diklat, mengembangkan kembali program-program yang lebih inovatif sehingga bisa menghasilkan pelayanan yang lebih berorientasi padamasyarakat pengguna layanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/371/051202646
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Aug 2012 10:48
Last Modified: 22 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115487
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_-_Copy.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_-_Copy.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item