Efektivitas Penggunaan Instrumen Elektronik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Aparatur (Studi Pada Tingkat Ketepatan Waktu Dan Otentisitas Kehadiran Aparatur Di Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Batu)

DharmaM,Septian (2012) Efektivitas Penggunaan Instrumen Elektronik Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Aparatur (Studi Pada Tingkat Ketepatan Waktu Dan Otentisitas Kehadiran Aparatur Di Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemerintahan yang baik harus menjunjung tinggi keinginan dan kehendak rakyat yang diarahkan pada pencapaian tujuan nasional dan betitik tolak pada demokratisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam rangka usaha untuk mencapai tujuan nasional diperlukan adanya aparatur pemerintah sebagai unsur aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada pancasila, UUD 1945, negara dan pemerintah serta bersatu padu, bermental baik, berwibawa, berdayaguna, berhasilguna, bersih, bermutu tinggi dan sadar akan tanggung jawabnya untuk penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan.Untuk mencapai tujuan kepemerintahan yang baik dan menjadi kepercayaan masyarakat dalam peningkatan pelayanan publik serta pencapaian tujuan pembangunan nasional maka diperlukan aparatur pemerintah yang berdisiplin tinggi ditengah kehidupan yang terbuka maka permasalahan yang timbul dan godaan terhadap aparatur pemerintah untuk menyimpang dari etika pemerintahan sangat besar sehingga perlu adanya upaya untuk penegakan disiplin aparatur. Penelitian ini adalah penelitian yang berbasis pada pendekatan kualitatif, dimana penelitian ino dilakukan di Kota Batu, khususnya di Sekreatariat Daerah Kota Batu. Untuk mempermudah pengambilan data serta mengolahnya hingga menjadi kesimpulan maka fokus penelitian yang ditetapkan adalah efektivitas penggunaan handkey absensi dalam meningkatkan kedisiplian aparatur, dan faktor pendukung serta faktor penghambat dalam penggunaan handkey absensi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuraikan dan telah sesuai dengan fokus yang telah ditetapkan, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa penggunaan handkey absensi pada Sekretariat Daerah Pemerintah Kota Batu di mulai pada tanggal 01 Januari 2011 dengan berdasarkan pada Peraturan Pemerintah No.53 tahun 2010 tentang disiplin pegawai negeri sipil dan Peraturan Walikota batu No.11 tahun 2011 tentang pengaturan jam kerja bagi para pegawai yang bekerja di lingkungan pemerintah Kota Batu. Setelah menggunakan handkey absensi dalam pelaksanaannya terjadi perubahan terhadap kedisiplinan pegawai hal ini ditunjukan dengan jumlah pegawai yang meningkat dan tidak ada yang melakukan kecurangan dalam hal pelaksanaan absensi, pada kenyataannya dalam melakukan absensi secara manual para pegawai masih sering melakukan kecurangan dengan melakukan absensi secara langsung pada saat kedatangan atau pun pada saat kepulangannya sehingga tidak diketahui pegawai tersebut datang atau pulang tepat pada waktu yang telah ditetapkan serta masih ada pula para pegawai yang menitipkan absensi kepada rekannya. Adapun faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penggunaan handkey absensi, Faktor pendukung : Adanya kemauan dari pegawai, adanya dukungan dari pimpinan, dan adanya penghargaan. Faktor penghambat : Masih rendahnya kesadaran pegawai akan pentingnya disiplin, terbatasnya sarana dan prasarana, dan masih ada sistem yang kurang sesuai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/37/051200676
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 13:46
Last Modified: 22 Oct 2021 07:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115485
[thumbnail of 051200676.pdf]
Preview
Text
051200676.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item