Pengaruh Periklanan Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek (Survai Pesan Iklan Televisi Smarphone BlackBerry terhadap Pembentukan Ekuitas Merek pada Mahasiswa di Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru K

Ihwanuddin, Mohammad (2012) Pengaruh Periklanan Terhadap Pembentukan Ekuitas Merek (Survai Pesan Iklan Televisi Smarphone BlackBerry terhadap Pembentukan Ekuitas Merek pada Mahasiswa di Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru K. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan dasar banyaknya fenomena yang terjadibelakangan ini, khususnya persaingan periklanan melalui media Televisi. Tayangan tersebut begitu menjadi prioritas utama bagi produsen untuk mengenalkan produknya pada konsumen. Kondisi tersebut selaras dengan kondisi masyarakat saat ini, iklan dijadikan alat utama sebagai media untuk memperoleh informasi atas barang yang dicari. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui fenomena tersebut. Peneliti tertarik untuk melihat efek yang ditimbulkan dari unsur pesan iklan yang meliputi Isi Pesan(X1), Struktur Pesan(X2), Format Pesan(X3), dan Sumber Pesan(X4), terhadap pembentukan Ekuitas Merek (Y). Berawal dari hubungan bersama-sama hingga hubungan dari tiap unsur dari pesan iklan tersebut sehingga dapat diketahui variabel yang paling dominan diantara variabel yang lain dalam pesan iklan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan Analisis Regresi Linier Berganda dengan teknik pengambilan sample secara random sampling dan menggunakan skala Differential Semantic. Berdasarkan data yang diperoleh, populasinya berjumlah 66 orang. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan rumus Yamane didapatkan sampel sebanyak 57 orang responden dari kalangan mahasiswa di Kelurahan Jatimulyo Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Berdasarkan hasil analisis data dengan SPSS menunjukkan hasil bahwa hubungan variabel bebas (Pesan Iklan) memiliki hubungan yang erat dengan variabel terikatnya (Ekuitas Merek). Terbukti dengan nilai R 0,736. Keeratan hubungan tersebut ditunjang dengan nilai dukungan atau kontribusi variabel bebas dengan variabel terikatnya dengan melihat nilai Adjusted R Square 0,506 atau R2 sebesar 50,6%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa dukungan/kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikatnya sebesar 50,6%, sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Hasil uji selanjutnya, uji simultan (Uji F) menunjukkan bahwa variabel bebas secara bersama-sama berpengaruh secara nyata terhadap variabel terikatnya, kemudian dari hasil uji partial (Uji t) menghasilkan bahwa tiap variabel dari variabel bebas (X) berpengaruh secara nyata terhadap variabel (Y), dengan variabel X2 sebagai variabel yang paling berpengaruh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/349/051202624
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Sep 2012 09:37
Last Modified: 05 Sep 2012 09:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115463
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item