Pengaruh Variabel-Variabel Store Atmosphere Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian (Survai Pada Konsumen Yang Berbelanja Di Centerpoint Mall Olympic Garden)

Cristinnatalia,Nofi (2012) Pengaruh Variabel-Variabel Store Atmosphere Terhadap Emosi Dan Keputusan Pembelian (Survai Pada Konsumen Yang Berbelanja Di Centerpoint Mall Olympic Garden). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi semakin maraknya bisnis ritel yang menimbulkan persaingan semakin ketat, oleh karena itu diperlukan adanya suatu strategi pemasaran untuk menarik calon konsumen. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan Store Atmosphere yang dirancang sebaik mungkin untuk menarik calon konsumen. Store Atmosphere akan mempengaruhi keadaan emosional konsumen yang kemudian akan berpengaruh terhadap perilaku belanja konsumen. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere (X) terhadap Emosi (Z) dan Keputusan Pembelian(Y). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah explanatory research serta metode penelitian yang dipakai adalah kuantitatif. Penelitian tersebut digunakan untuk menguji hipotesis yang telah diajukan yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas store atmosphere dengan emosi dan keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 134 konsumen Centerpoint Mall Olympic Garden . Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial yang digunakan untuk mengetahui unsur-unsur variabel Store Atmosphere , Emosi dan Keputusan Pembelian di Centerpoint Mall Olympic Garden . Langkah yang diambil yaitu dengan cara tabulasi skor hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata skor variabel sehingga dapat diketahui seberapa jauh store atmosphere serta seberapa tinggi emosi dan keputusan pembelian pada tingkat signifikansi < 0,05% dan data diolah menggunakan komputer program SPSS 11 for windows. Berdasarkan hasil analisis inferensial dengan menggunakan analisis jalur (path) yang menunjukkan nilai signifikansi F yaitu 0,000 < 0,05 (alpha) dan nilai Adjusted R Square yaitu sebesar 0,527 terhadap Emosi (Z) dan 0,614 terhadap Keputusan Pembelian(Y). Hal ini menunjukkan bahwa variabel Store Atmosphere (X) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian melalui emosi baik secara langsung maupun tidak langsung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas Store Atmosphere ( exterior , general interior , store layout , interior display ) (X) terhadap Emosi (Z) dan Keputusan Pembelian (Y) sebagai variabel terikat. Secara keseluruhan variabel Store Atmosphere (X) yang diterapkan di Centerpoint Mall Olympic Garden sudah baik namun alangkah baiknya lebih mengoptimalkan (meningkatkan) penerapan unsur yang ada dalam variabel Store Atmosphere yaitu ii Exterior (X1) dan Store Layout (X3) karena masih diperoleh jawaban tidak setuju dari responden.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/33/051200672
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Jun 2012 10:04
Last Modified: 22 Oct 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115445
[thumbnail of 01.COVER_2.pdf]
Preview
Text
01.COVER_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 02.TANDA_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
02.TANDA_PERSETUJUAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 03.TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
03.TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 04.Lembar_persembahan.pdf]
Preview
Text
04.Lembar_persembahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 07.RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
07.RINGKASAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item