Pembangunan Bandar Udara Blimbingsari Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Bandar Udara Blimbingsari Dan Desa Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi)

Rizal, Arfandy (2012) Pembangunan Bandar Udara Blimbingsari Dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Sosial Ekonomi Masyarakat (Studi Pada Bandar Udara Blimbingsari Dan Desa Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya pembangunan Bandar Udara Blimbingsari di Kabupaten Banyuwangi tepatnya di Desa Blmbingsari. Dimana masayarakat desa Blimbingsari mendapatkan dampak positif terhadap perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakatnya dengan memanfaatkan peluang sosial ekonomi yang ada dari pembangunan Bandar Udara Blimbingsari tersebut. Bagaimana pelaksanaan pembangunan Bandar Udara Blimbingsari dan dampak pembangunan Bandar Udara Blimbingsari terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembangunan Bandar Udara Blimbingsari menimbulkan dampak positif terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat desa Blimbingsari. Bandar udara atau pelabuhan udara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Pembangunan sebuah bandar udara diawali dengan penetapan lokasi bandar udara. Untuk menetapkan lokasi bandar udara perlu dilakukan uji kelayakan. Kehidupan sosial ekonomi adalah perilaku sosial dari masyarakat yang menyangkut interaksinya dan perilaku ekonomi dari masyarakat yang berhubungan dengan pendapatan dan pemanfaatannya. Kehidupan sosial ekonomi adalah cara-cara atau strategi yang diterapkan seseorang dalam memenuhi kehidupan sehari-hari, serta pemanfaatan penghasilan atau hasil ekonomi yang diperoleh, dan juga berbicara mengenai keadaan hidup sehari-hari. Pembangunan Bandar Udara Blimbingsari telah memenuhi kriteriakriteria yang ditentukan tentang pembangunan bandar udara yaitu fasilitas bandara, jenis bandara, maskapai dan aliansi penerbangan. Masyarakat desa Blimbingsari mendapatkan dampak positif dengan adanya Bandar Udara Blimbingsari yaitu pekerjaan, tingkat pendapatan, akses jalan, perumahan, pengetahuan dan kondisi lingkungan. Untuk Bandar Udara Blimbingsari lebih diperbaiki fasilitas bandaranya baik dari sisi darat ataupun sisi udaranya. Masyarakat desa Blimbingsari lebih kreatif dalam memanfaatkan peluang sosial atau ekonominya dengan adanya Bandar Udara Blimbingsari agar kehidupan sosial ekonominya semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/318/051202593
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 11:05
Last Modified: 22 Oct 2021 06:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115432
[thumbnail of 051202593.pdf]
Preview
Text
051202593.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item