PuspitaA, Christina (2012) Peningkatan Kualitas Pelayanan Pendidikan Melalui Pelaksanaan Total Quality Management (TQM) (Studi tentang ISO 9001:2008 pada SMKN 1 Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Memasuki era otonomi, setiap sekolah diharapkan bisa mandiri dan mampu menggali potensinya. Pihak sekolah harus menata kembali lembaga sekolah dengan manajemen modern dan profesional, sehingga dapat meningkatkan pelayanan pendidikannya. Sekolah harus inovatif memberdayakan potensi di tengah masyarakat dan menampilkan produktivitas yang tinggi. Sekolah merupakan salah satu tumpuan memperbaiki SDM dan tempat utama memperbaiki kualitas serta persiapan dini untuk menghadapi kompetisi yang ada. Salah satu cara ialah dengan mengimplementasikan ISO 9001:2008 di sekolah sebagai upaya menjalankan TQM. Sekolah perlu menyiapkan SDM berkualitas agar dapat bertahan dalam masa sulit, meliputi: guru, siswa dan personil lainnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini adalah: dimensi kualitas pelayanan pendidikan yang menjadi sasaran implementasi ISO 9001:2008; metode penerapan ISO 9001:2008; penerapan serta esesuaian prinsip dan unsur TQM dalam klausul ISO 9001:2008; rekaman kepuasan pelanggan; faktor pendukung dan penghambat implementasi ISO 9001:2008. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SMKN 1 Jombang. Metode ini dirasa cukup untuk mendapat data yang dibutuhkan. Setelah pengumpulan dan analisa data, temuan penelitian dalam skripsi ini dapat disimpulkan: Pertama, penerapan ISO 9001:2008 telah menyentuh dimensi kualitas pelayanan pendidikan, yakni bukti fisik, keandalan, jaminan kompetensi SDM, daya tanggap dan empati. Kedua, Penerapan ISO 9001:2008 didasarkan pada struktur ISO 9001:2008. Ketiga, klausul ISO 9001:2008 sesuai dengan prinsip dan unsur TQM, namun kesesuaian penerapan dengan struktur ISO 9001 dan prinsip serta unsur TQM di lapangan tidak bisa sesuai 100%. Keempat, peningkatan pelayanan yang dilaksanakan mewujudkan tercapainya kepuasan pelanggan. Faktor umum pendukung pelaksanaan ISO 9001:2008 di SMKN 1 Jombang ialah: Pelibatan seluruh elemen sekolah, ketersediaan dana, kelengkapan sarana prasarana, Renstra Kemendiknas 2010-2014. Sementara faktor khusus ialah: Kesadaran dan komitmen, kerja keras dan waktu, mental juara. Sedangkan faktor penghambat ialah komunikasi yang kurang berjalan baik karena sifat egois. Dengan demikian, rekomendasi yang dapat diberikan oleh peneliti ialah: hendaknya melakukan kerjasama lebih banyak lagi, sarana prasarana yang dimiliki hendaknya dirawat dengan baik, untuk mengatasi komunikasi yang kurang baik hendaknya dilakukan pembicaraan yang menyentuh perasaan sehingga timbul kesadaran dari dalam diri.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2012/313/051202588 |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 13:28 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115427 |
Preview |
Text
cover,motto,persetujuan,pengesahan,orisinalitas,ucapan_terima_kasih.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
RINGKASAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
SUMMARY.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Kata_pengantar,daftar_isi,tabel,gambar,lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_IV.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Form_penilaian_kepuasan_pelanggan.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Hasil_survey_kepuasan_pelanggan_2009-2010.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Hasil_survey_kepuasan_pelanggan_2010-2011.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Pedoman_wawancara.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
Surat_selesai_penelitian.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |