Analisis Penataan Organisasi Dalam Usaha Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kediri

Farisa, ZulisAdi (2012) Analisis Penataan Organisasi Dalam Usaha Peningkatan Kinerja Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Penataan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kediri sebagai implementasi pada kesesuaian dengan peraturan perundang undangan, mendeskripsikan dan menganalisis bahan pertimbangan dalam Penataan Organisasi perangkat daerah dan pengetahuan faktual berupa penjelasan mengenai dimensi penataan organisasi dalam hubunganya terhadap peningkatan kinerja perangkat daerah. Dalam menyusun skripsi ini metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ialah Sekretariat Daerah Pemko Kediri dan situsnya adalah pada Bagian Organisasi Setda Kota Kediri. Pengempulan data melalui wawancara, observasi dan dokumen. Analisis data dengan tahapan Mengorganisasikan Data, Pengelompokan berdasarkan Kategori, Tema dan pola jawaban, Menguji Asumsi atau Permasalahan yang ada terhadap Data, Mencari Alternatif Penjelasan bagi Data dan Menulis Hasil Penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alasan pelaksanaan Penataan Organsiasi di lingkungan Pemerintah Kota Kediri ialah karena adanya peraturan perundang-undangan. Dasar hukum yang dipakai ialah Peraturan Pemerintah No 41 Tahun 2007 dan Peraturan yang terkait lainya. Aktor yang terlibat dalam pelaksanaan penataan organisasi ialah Tim Teknis Penyelenggaraan Dan Evaluasi Kelembagaan. Terjadi perubahan Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota Kediri setelah dilakukanya penataan organisasi, perubahan tersebut melalui pembentukan baru, penghapusan, penggabungan, pemisahan dan peningkatan. Saat ini Perangkat daerah Kota Kediri terdiri dari Sekretariat Daerah yang terdiri 3 assisten yang membawahi 9 bagian, DPRD yang memiliki 3 bagian, 12 Dinas, 11 Lembaga Teknis Daerah dan 3 kecamatan yang terdiri dari 46 Kelurahan. Dalam hal pertimbangan penataan organisasi diwujudkan sesuai dengan kebutuhan nyata daerah keterbatasan dalam anggaran dan banyaknya Sumber daya aparatur saat ini menjadikan kendala dalam penataan organisasi. Peningkatan kinerja kapasitas kelembagaan terlihat dalam LAKIP melalui Analisis jabatan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Kediri guna mendorong tingkat kejelasan peran dan kerja sama dalam mempertegas dan memperkuat unit organisasi. Rekomendasi yang diberikan peneliti ialah penataan organisasi ini perlu dilakukan terus secara berkelanjutan dan berkesinambungan sehingga mencip takan organisasi yang efisien dan efektif. Perlunya koordinasi yang lebih baik lagi antar Perangkat Daerah. Dalam hal kepegawaian diharapkan supaya berdasarkan pada kompetensi yang dibutuhkan dan mengedepankan prinsip profesionalisme yang kedepanya akan meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/294/051202569
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 11:16
Last Modified: 22 Oct 2021 06:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115406
[thumbnail of 051202569.pdf]
Preview
Text
051202569.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item