Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Bahan Pertimbangan Dalam Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Bangil

Ayuningtyas, DitaPutri (2012) Analisis Rasio Keuangan Sebagai Salah Satu Bahan Pertimbangan Dalam Pengambilan Keputusan Pemberian Kredit Modal Kerja (Studi Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Bangil. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bank memiliki fungsi pokok yaitu menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kembali dana tersebut dalam bentuk kredit. Kebutuhan pengusaha akan modal kerja mendorong pengusaha untuk memanfaatkan fasilitas kredit modal kerja untuk menambah permodalan dan mengembangkan usahanya. Proses analisis dalam pemberian kredit modal kerja harus dilakukan secara cermat dan teliti untuk menghindari timbulnya kredit macet. Analisis kredit dapat dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kredit secara kualitatif dapat dilakukan dengan menggunakan prinsip 5C, 7P dan studi kelayakan, sedangkan analisis kredit secara kuantitatif salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan analisis rasio keuangan calon debitor untuk mengetahui kondisi keuangan calon debitor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemberian kredit modal kerja pada PT. BRI (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Bangil dan untuk mengetahui penerapan analisis rasio keuangan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan pemberian kredit modal kerja. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Analisis yang digunakan adalah analisis rasio keuangan yang terdiri dari rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas yang kemudian dibandingkan dengan CRR kategori finansial yang ditetapkan oleh BRI, serta analisis aliran kas. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kredit yang diterapkan oleh PT. BRI (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Bangil tertuang dalam kebijakan pokok perkreditan yang meliputi pemisahan pejabat kredit, penerapan Four Eyes Principles, penerapan Credit Risk Rating (CRR), dan pemisahan pengelolaan kredit bermasalah. PT. BRI (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Bangil juga menerapkan analisis rasio keuangan untuk menilai kondisi keuangan calon debitor. Berdasarkan penilaian dengan analisis rasio keuangan, ketiga calon debitor telah memenuhi kriteria kredit dalam CRR dan layak diberikan kredit. Selain dari analisis rasio keuangan, pertimbangan pemberian kredit juga dapat dilihat dari analisis aliran kas calon debitor. PT. BRI (Persero), Tbk Kantor Cabang Pembantu Bangil dalam pemberian kreditnya perlu melakukan evaluasi berkelanjutan terhadap kebijakan-kebijakan kredit yang diterapkan dalam proses pemberian kreditnya. Selain itu pihak bank juga perlu lebih memperhatikan standar rasio keuangan yang telah ditetapkan untuk memastikan bahwa perusahaan yang mengajukan permohonan kredit benar-benar mampu dalam pengembalian kreditnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/284/051202559
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2012 10:16
Last Modified: 22 Oct 2021 05:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115393
[thumbnail of 051202559.pdf]
Preview
Text
051202559.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item