Analisis Efektivitas Kebijakan Kredit untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi pada PT. BPR Mitra Catur Mandiri Pakis-Malang)

Lorini, Nikki (2012) Analisis Efektivitas Kebijakan Kredit untuk Meningkatkan Profitabilitas (Studi pada PT. BPR Mitra Catur Mandiri Pakis-Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perbankan mempunyai peran yang sangat penting, karena berfungsi sebagai lembaga penghimpun dan penyalur dana melalui produk yang ditawarkan pada masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat. Bank harus memperhatikan asas-asas perkreditan yang sehat sebagai wujud pelaksanaan kredit, oleh karena itu dibutuhkan kebijakan kredit yang tepat untuk meningkatkan pendapatannya pada sektor kredit. Kebijakan kredit mempunyai peran sebagai panduan dalam pelaksanaan semua kegiatan perkreditan bank, sehingga kebijakan kredit harus dilaksanakan secara efektif. Efektivitas kebijakan kredit adalah kemampuan bank untuk mengikuti ketentuan-ketentuan secara konsisten yang dijadikan pedoman dalam menyalurkan kredit sehinga kesepakatan antara bank dan debitor dapat berjalan baik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Bank terkadang kurang cermat, efektif, dan konsisten dalam menerapkan kebijakan kredit, hal ini akan mengakibatkan terjadinya penyalahgunaan kredit oleh debitor yang memiliki integritas yang tidak baik, serta menimbulkan kredit bermasalah yang dapat mempengaruhi profitabilitas bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kebijakan kredit dalam meningkatkan profitabilitas pada PT. BPR Mitra Catur mandiri Pakis-Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan kredit yang diterapkan PT. BPR Mitra Catur Mandiri Pakis-Malang dapat dikatakan efektif meskipun pada penerapan prinsip kehati-hatian dalam perkreditan serta pengawasan kredit diketahui kurang ketat, namun haltersebut tidak mempengaruhi hasil perhitungan rasio profitabilitas. Hal ini dapat diketahui bahwa hasil perhitungan rasio profitabilitas periode tahun 2008 sampai dengan tahun 2010 yang terdiri atas ROA, ROE, OCR, NPM, dan GPM secara keseluruhan dapat dikatakan baik, karena pencapaian persentase rasio profitabilitas berada pada batas ketentuan Bank Indonesia, serta mengalami peningkatan di tahun 2010. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini adalah kebijakan kredit sebaiknya diterapkan secara efektif dan konsisten agar efektivitas kebijakan kredit dapat tercapai sehingga dapat meningkatkan profitabilitas bank, mengendalikan risiko bank diantaranya tidak terpenuhinya kewajiban debitor untuk membayar angsuran pokok dan bunga kredit yang dapat menimbulkan kredit bermasalah, serta dapat mengantisipasi pemberian kredit kepada debitor yang memiliki integritas yang tidak baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/275/051202377
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2012 11:21
Last Modified: 22 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115382
[thumbnail of 051202377.pdf]
Preview
Text
051202377.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item