Pengaruh Globalisasi Terhadap Upaya Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren (Studi pada Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Syarifatul Ulum Dusun Katerban Desa

Munir, DanangMisbahul (2012) Pengaruh Globalisasi Terhadap Upaya Pembangunan Kualitas Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren (Studi pada Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren Syarifatul Ulum Dusun Katerban Desa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar keberadaan pondok pesantren sebagai jawaban terhadap besarnya pengaruh globalisasi. Pondok pesantren selalu berupaya lebih baik lagi dalam mendidik para santri (siswa) agar menjadi SDM yang berkualitas. Adanya pendidikan umum yang juga diajarkan sebagai pelengkap pendidikan agama sebagai bukti bahwa secara umum pondok pesantren telah bersikap terbuka terhadap perubahan zaman yang dinamis ini. Perubahan ini pula yang mendasari pondok pesantren Syarifatul Ulum agar menjadi lembaga pendidikan yang mampu menjawab tantangan globalisasi seperti sekarang ini. Berdasar dari pernyataan tersebut maka dalam penelitian ini diperoleh tiga rumusan masalah dan juga tujuan penelitian yaitu upaya pondok pesantren dalam membangun kualitas SDM pada era globalisasi, kontribusi pemerintah menurut perspektif pesantren dalam membangun kualitas SDM pada era globalisasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi pesantren dalam membangun kualitas SDM pada era globalisasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alasannya adalah karena peneliti mengamati secara langsung di lokasi penelitian dan berbaur dengan suasana pesantren dengan cara berinteraksi untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman yang dilakukan secara terus menerus sampai tuntas. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah upaya pembangunan kualitas SDM oleh pesantren sudah sangat baik dengan menerapkan kurikulum yang berlaku, peran kiai yang tidak lagi paternalistic namun fungsional, dan adanya program kegiatan kemasyarakatan untuk meningkatkan skill para santri. Kontribusi pemerintah masih dirasa kurang karena bantuan hanya dalam bentuk materiil dan jumlahnya sangat minim, namun dalam hal kurikulum pendidikan pemerintah melalui kementrian pendidikan sangat membantu melalui KTSP yang sudah digunakan pesantren Syarifatul Ulum. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan kualitas SDM di pesantren yaitu faktor yang terjadi dalam pesantren sendiri dan juga di luar pesantren seperti keberadaan siswa bukan santri dan lingkungan luar pesantren.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/272/051202374
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2012 10:39
Last Modified: 22 Oct 2021 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115379
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Halaman_Persembahan.pdf]
Preview
Text
Halaman_Persembahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Motto.pdf]
Preview
Text
Motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Tanda_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
Tanda_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pernyataan_Orisinalitas_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Pernyataan_Orisinalitas_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan.pdf]
Preview
Text
Ringkasan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Summary.pdf]
Preview
Text
Summary.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar_Isi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Bab_I,_II,III,IV,V.pdf]
Preview
Text
Bab_I,_II,III,IV,V.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran.pdf]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item