Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa/ Mahasiswi Kost Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio di Lingkungan RW. IV Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang).

Wardhana, AgungDani (2012) Pengaruh Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa/ Mahasiswi Kost Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio di Lingkungan RW. IV Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sepeda motor merupakan alat transportasi favorit masyarakat Indonesia dari segala kalangan. Faktor gaya hidup mempengaruhi pilihan seseorang untuk membeli sepeda motor. Penelitian ini memiliki latar belakang gaya hidup yang mempengaruhi keputusan membeli Skutik Yamaha Mio. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel gaya hidup yang terdiri dari Activity, Interest, dan Opinion baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap Struktur Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian di RW.IV Kelurahan Ketawanggede Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 78 responden dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified random sampling . Metode pengumpulan data kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji hipotesis F dan uji hipotesis t. Hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel-variabel bebas meliputi Activity (X 1 ), Interset (X 2 ), dan Opinion (X 3 ) berpengaruh terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 28.205 dengan probabilitas F hitung sebesar 0.000 (p<0,05). Besarnya kontribusi dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama-sama terhadap Struktur Keputusan Pembelian adalah 51,5%, sedangkan sisanya 48,5 dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada penelitian ini dapat diketahui bahwa secara sendiri-sendiri ketiga variabel bebas yang meliputi Activity (X 1 ), Interset (X 2 ), dan Opinion (X 3 ) keseluruhan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa variabel Opinion (X 3 ) memiliki pengaruh dominan terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara variabel gaya hidup yang meliputi activity (X 1 ), interest (X 2 ), dan opinion (X 3 ) baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri terhadap Struktur Keputusan Pembelian (Y). Saran yang diberikan dari peneliti, diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan pihak yang berkecimpung di bidang otomotif dalam mempelajari perilaku konsumen agar lebih efektif dan efisien dalam menyusun dan membuat perencanaan serta strategi pemasaran yang lebih baik dan tepat sasaran agar dapat meningkatkan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/265/051202323
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Aug 2012 10:07
Last Modified: 22 Oct 2021 05:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115371
[thumbnail of 1._COVER_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
1._COVER_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._Motto.pdf]
Preview
Text
2._Motto.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3._TANDA_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._TANDA_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
4._TANDA_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
5._PERNYATAAN_ORISINALITAS_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._RINGKASAN_&_SUMMARY.pdf]
Preview
Text
6._RINGKASAN_&_SUMMARY.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
7._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
8._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item