Akuntabilitas Administratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri dalam Melaksanakan Tugas Kesekretariatan (Studi pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri)

Setianingsih, SolichatulNovi (2012) Akuntabilitas Administratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri dalam Melaksanakan Tugas Kesekretariatan (Studi pada Kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akuntabilitas merupakan salah satu pilar/unsur yang harus ada untukmewujudkan tata kepemerintahan yang baik. Menurut Andrianto (2007:24-26)salah satu prinsip terwujudnya good governance adalah adanya akuntabilitas. Sekretariat DPRD memiliki keunikan tersendiri jika di banding dengan SKPDlainnya. Keunikan tersebut adalah Sekretariat DPRD merupakan SKPD akan tetapi tugas dan fungsinya melayani DPRD. Akuntabilitas administratif kepadapusat-pusat pertanggungjawaban secara internal di tujukan kepada ketua DPRDdan bupati. Sekretariat DPRD di tuntut netral dalam melaksanakan akuntabilitas,tidak memihak DPRD maupun bupati. Berdasarkan latar belakang tersebut, makarumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah akuntabilitasadministratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri dalam pelaksanaan tugaskesekretariatan, (2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat pelaksanaanakuntabilitas administratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui akuntabilitas administratif Sekretariat DPRD KabupatenKediri dalam pelaksanaan tugas kesekretariatan serta untuk mengetahui faktorfaktor yang mendukung maupun yang menghambat pelaksanaan akuntabilitasadministratif tersebut.MenurutCendondalam ( http://www.teguhkurniawan.web.ugm.ac.id.pdf:13/ ) karakteristik akuntabilitas administratif adalah:prinsip dasar operasional, akuntabilitas internal dan eksternal, bentuk dan prosedur di ikuti dengan tindakan administratif, mekanisme pengawasan internaldan eksternal, konsekuensi.Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah metode penelitiankualitatif. Jenis dan sumber data yang di gunakan adalah data primer dan datasekunder berupa laporan atau arsip di kantor Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri.Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dandokumentasi lapangan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis data menurut pendapat Miles and Huberman. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Akuntabilitas administratif Sekretariat DPRD KabupatenKediri dalam pelaksanaan tugas kesekretariatan meliputi: a. Dasar operasional kegiatan Kesekretariatan Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri, b. Akuntabilitas internal Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri, c. Akuntabilitas eksternal Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri, d. Bentuk dan prosedur diikuti dengan tindakan administratif, e. Mekanisme: (pengawasan internal dan eksternal), Konsekuensi; (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan akuntabilitas administratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akuntabilitas administratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri di laksanakan dengan: (1) adanya prinsip dasar operasional yang mengatur seluruh kegiatan kesekretariatan yakni berupa Peraturan Daerah Kabupaten Kediri Nomor 8 Tahun 2008 pasal 8 bagian ke tiga, Peraturan Bupati Kediri Nomor 34 Tahun 2008, Keputusan Sekretaris DPRD Kabupaten Kediri Nomor: 24/SEK/Tahun 2010, Surat tugas Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri Nomor 800/829/418.02/2011, (2) akuntabilitas internal ditujukan kepada bupati dan DPRD Kabupaten Kediri, akan tetapi bupati Kabupaten Kediri tidak pernah memberikan umpan balik atas pelaksanaan akuntabilitas Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri (3) akuntabilitas eksternal ditujukan kepada DPRD, masyarakat, (4) bentuk dan prosedur diikuti dengan tindakan administratif yakni setiap tugas dipertanggungjawabkan kepada pusat pertanggungjawaban secara hierarkis sesuai jabatan struktural dengan jelas, (5) mekanisme: pengawasan internal berasal dari BPK, Inspektorat, serta DPRD yang sangat ketat melakukan pengawasan di bidang pengelolaan anggaran Sekretariat DPRD, (6) Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri tidak pernah mendapatkan konsekuensi sangsi dan penghargaan atas pelaksanaan akuntabilitas akan tetapi sangsi kepegawaian pernah di dapat, (7) faktor penghambat pelaksanaan akuntabilitas administratif adalah: terbatasnya jumlah pegawai dan kompetensi yang dimiliki dalam mengoperasionalkan komputer selain itu kondisi hubungan antar anggota DPRD dan latar belakang anggota DPRD yang berbeda-beda, (8) faktor pendukung pelaksanaan akuntabilitas administratif adalah: tersedianya dana pelatihan dan pendidikan, kepemimpinan seorang pemimpin, penggunaan metode simulasi, standar pelayanan Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Akuntabilitas administratif Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri dalam pelaksanaan tugas kesekretariatan belum sebaik yang di harapkan karena masih terdapat faktor yang menghambat pelaksanaannya. Faktor pendukung pelaksanaan akuntabilitas administratif Sekretariat DPRD Kabupaten adalah: (1) bimbingan Teknologi dan kursus, (2)kepemimpinan seorang pimpinan, (3) Penggunaan metode simulasi dalam penyelesaiaan permasalahan pelaksananaan akuntabilitas Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri, (4) standar pelayanan Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (1) terbatasnya jumlah pegawai Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri, (2) Terbatasnya Sumber daya aparatur di Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri yang ahli mengoperasikan komputer, (3) Kondisi Hubungan antar anggota DPRD Kabupaten Kediri, (4) Beragamnya latar, belakang anggota DPRD Kabupaten Kediri. Saran dari penelitian ini adalah: sekretariat DPRD Kabupaten Kediri hendaknya selalu menjaga komitmen yang tegas dan jelas dalam mempertahankan prinsip netralitas pelaksanaan akuntabilitas kepada bupati maupun kepada ketua DPRD; Akuntabilitas Sekretariat DPRD Kabupaten Kediri masih memerlukan umpan balik ( feedback ) dari bupati Kabupaten Kediri tas penilaian akuntabilitas yang di laporkan agar kedepannya pelaksanaan akuntabilitas administratif semakin maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2012/248/051202271
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 Aug 2012 09:37
Last Modified: 22 Oct 2021 03:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/115353
[thumbnail of 051202271.pdf]
Preview
Text
051202271.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item